Apa Saja Fungsi Musik Tradisional?

Apa Saja Fungsi Musik Tradisional?

Indonesia memiliki kesenian yang beragam, salah satunya seni musik tradisional. Musik tradisional biasanya bersifat khas, karena mencerminkan kebudayaan suatu etnis atau masyarakat tertentu dan mengangkat tema kehidupan budaya setempat. Apa fungsi musik tradisional?

Musik tradisional adalah musik yang berakar pada tradisi masyarakat. Keberlangsungan musik ini melalui pewarisan secara turun temurun. Secara umum ciri-ciri musik tradisional adalah sebagai berikut :

Adapun fungsi musik tradisional menunjukkan peran dan kedudukannya dalam tradisi di kehidupan masyarakat sehari-hari. Secara umum, fungsi musik tradisional antara lain sarana upacara adat budaya, pengiring tarian, sarana hiburan, sarana komunikasi, sarana ekspresi diri, dan sarana ekonomi.

Musik tradisional Indonesia biasanya berkaitan erat dengan upacara-upacara kelahiran, kematian, perkawinan, keagamaan, dan acara penting masyarakat lainnya. Pada beberapa daerah, instrumen musik khusus hanya dibunyikan pada acara tertentu, bukan sembarang acara. Misalnya; gamelan kiai Guntur Madu yang dibunyikan pada saat sekaten di Yogyakarta.

Musik tradisional Indonesia biasa digunakan untuk mengiringi tari-tarian khas daerah. Itulah sebabnya kebanyakan tarian khas daerah hanya dapat diiringi oleh musik daerah sendiri-sendiri.

Musik tradisional Indonesia dapat digunakan untuk menghilangkan kejenuhan akibat rutinitas kegiatan harian, serta sebagian sarana rekreasi dan ajang pertemuan dengan warga lainnya. Biasanya Indonesia sangat antusias dalam menonton pagelaran musik.

Musik tradisional Indonesia menghasilkan bunyi-bunyi tertentu yang mempunyai makna untuk masyarakat. Bunyi-bunyian itu mempunyai pola ritme yang khas dan menjadi tanda untuk anggota masyarakatnya atas suatu peristiwa atau kegiatan tertentu. Misalnya; kendang, kentungan.

Bagi para seniman (baik pencipta lagu ataupun pemain musik), musik merupakan media untuk mengekspresikan diri mereka. Melalui musik mereka mengaktualisasikan potensi dirinya. Melalui musik juga mereka mengungkapkan perasaan maupun emosi, pikiran, gagasan, dan cita-cita tentang diri, masyarakat, dunia, dan Tuhan.

Bagi para musisi dan artis profesional musik tidak saja sekedar berguna sebagai sarana ekspresi dan aktualisasi diri. Musik juga merupakan sumber penghasilan. Mereka merekam dalam berbagai media serta menjualnya ke pasaran. Dari hasil penjualannya tersebut mereka mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan dalam hidup.

Apa Saja Fungsi Musik Tradisional? - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Apa Saja Fungsi Musik Tradisional?

01 min