Apa Itu Parental Burnout?

Apa Itu Parental Burnout?

Sudah menjadi rahasia umum bila banyak orang tua yang memfokuskan diri  untuk dapat memenuhi beragam kebutuhan anak. Alhasil, banyak dari mereka yang rela mengabaikan kebutuhan sendiri dan mengalami kelelahan sampai merasa tidak punya apa-apa lagi untuk diberikan. Kondisi ini disebut juga dengan parental burnout.

Sebagian besar orang tua menganggap bahwa kelelahan yang dialami dalam mengasuh anak adalah sebuah hal yang normal. Tak jarang, orang tua yang kelelahan merasa malu atau bersalah karena lelah. Padahal, menyembunyikan perasaan lelah dan tidak mengatasinya dapat berdampak buruk pada kesehatan mental.

Terlebih, kurangnya informasi orang tua mengenai edukasi dan bimbingan parenting yang tepat dan terpercaya. Sering kali membuat orang tua lelah dan mengabaikan kebutuhan dirinya sendiri, hingga berujung pada parental burnout.

Mengutip dari American Psychological Association (APA), Parental burnout adalah kondisi kelelahan yang dirasakan oleh orang tua saat mengasuh anak. Dapat diartikan pula, sebagai sebuah kondisi yang timbul karena stres dan kelelahan jangka panjang, yang berujung pada perasaan berat saat mengasuh anak, bahkan merasa jauh secara emosional dengan anak.

Parental burnout yang tidak diatasi dapat menyebabkan gangguan kesehatan, baik fisik maupun mental pada orang tua. Efek dari kondisi ini pun beragam, diantaranya:

Jika tidak ditangani, dampak tersebut dapat memengaruhi kesehatan fisik orang tua. Ketika efeknya berlanjut, parental burnout dapat menimbulkan ketidakseimbangan hormon yang mampu menyebabkan penurunan gairah seks. Kekurangan tidur jangka panjang juga dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan yang serius seperti penyakit jantung dan diabetes

Bukan itu saja, parental burnout bahkan bisa memengaruhi hubungan antara ibu dengan ayah. Efek mentalnya dapat menyebabkan gangguan dalam komunikasi dan emosi yang tidak stabil. Alhasil, ibu dan ayah mungkin sering mengalami miskomunikasi, perbedaan argumen, dan kebencian.

Terdapat empat tahapan kondisi kelelahan yang dirasakan orang tua, yaitu :

Apa Itu Parental Burnout? - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Apa Itu Parental Burnout?

01 min