7 Negara Paling Rawan Gempa Bumi di Dunia

7 Negara Paling Rawan Gempa Bumi di Dunia

Gempa Bumi merupakan salah satu bencana alam yang paling mematikan dan sangat merusak. Kehadirannya tidak hanya datang secara tiba-tiba tanpa mengenal waktu juga sangat sulit untuk diprediksi. Hal ini dikarenakan peristiwa yang menyebabkannya berada jauh di dalam bumi dengan kedalaman tertentu. Ada beberapa negara di dunia ini yang masuk ke dalam negara rawan gempa bumi akibat letak geografisnya. Negara mana saja?

Gempa bumi adalah getaran atau getar-getar yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa Bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi (lempeng Bumi).

Frekuensi suatu wilayah, mengacu pada jenis dan ukuran gempa Bumi yang dialami selama periode waktu. Gempa Bumi diukur dengan menggunakan alat Seismometer. Momen Magnitudo adalah skala yang paling umum di mana gempa Bumi terjadi untuk seluruh dunia.

Sementara pada Skala Rickter adalah skala yang dilaporkan oleh observatorium seismologi nasional yang diukur pada skala besarnya lokal 5 magnitude. Kedua skala yang sama selama rentang angka mereka valid. Gempa 3 magnitude atau lebih sebagian besar hampir tidak terlihat dan jika besarnya 7 lebih berpotensi menyebabkan kerusakan serius di daerah yang luas, tergantung pada kedalaman gempa.

Gempa Bumi terbesar bersejarah besarnya telah lebih dari 9, meskipun tidak ada batasan besarnya. Gempa Bumi besar terakhir besarnya 9,0 atau lebih besar adalah 9.0 magnitudo di Jepang pada tahun 2011 (per Maret 2011), dan itu adalah gempa Jepang terbesar sejak pencatatan dimulai. Intensitas getaran diukur pada modifikasi Skala Mercalli.

Penyebab terjadinya gempa bumi

Kebanyakan gempa Bumi disebabkan dari pelepasan energi yang dihasilkan oleh tekanan yang disebabkan oleh lempengan yang bergerak. Semakin lama tekanan itu kian membesar dan akhirnya mencapai pada keadaan di mana tekanan tersebut tidak dapat ditahan lagi oleh pinggiran lempengan. P

ada saat itulah gempa Bumi akan terjadi. Beberapa gempa Bumi lain juga dapat terjadi karena pergerakan magma di dalam gunung berapi.

Nah, berikut adalah daftar 7 negara di dunia yang paling rawan terjadinya gempa bumi, antara lain:

1. China

Negara yang aktif secara seismik dengan populasi terbesar di dunia dan berkontribusi sekitar separuh dari total jumlah kematian akibat gempa bumi.

China mengalami sekitar 157 gempa bumi dari tahun 1900 hingga 2016, hal ini menjadi jumlah gempa bumi tertinggi dari negara manapun. Sebagian besar terjadinya berada di wilayah barat daya negara itu karena datarannya yang sangat bergunung-gunung.

2. Jepang

Jepang juga masuk dalam wilayah Cincin Api Pasifik. Jepang merupakan tempat bertemunya empat lempengan yang berbeda, mulai dari lempeng Pasifik, Eurasia, Amerika Utara, dan lempeng Filipina.

Jepang memulai sistem pada tahun 2007 yang mendeteksi gelombang kejut awal melalui jaringan lebih dari 1.000 seismometer di seluruh negara. Sistem itu kemudian memberi sinyal pada telepon, TV, dan radio di seluruh negeri, sekaligus menghentikan kereta api dan memberi beberapa detik tambahan kepada setiap orang untuk bersiap menghadapi getaran.

3. Iran

Negara ini berada di atas spot lempeng tektonik Eurasia dan Arab, sehingga kerap mengalami gempa. Ibukota Iran di Teheran, yang terletak di dekat kaki puncak tertinggi negara itu, Gunung Damavand, adalah area yang paling berisiko di Iran.

4. Indonesia

Seperti Jepang, hampir seluruh wilayah Indonesia berada dalam wilayah Cincin Api Pasifik dan berdiri di atas tiga lempeng besar, yakni lempeng Pasifik, Eurasia, dan Indo-Pasifik. Selain itu, negara ini juga memiliki ratusan gunung berapi aktif yang dapat menyebabkan gempa vulkanik.

Indonesia pada dasarnya dikelilingi oleh sebagian besar zona subduksi Bumi, sehingga menjadikan spot negara ini di lautan sebagai tempat berkembang biaknya gunung berapi dan gempa yang sering terjadi.

5. Turki

Turki memang tidak masuk ke dalam wilayah Cincin Api Pasifik, namun negara tersebut berdiri di atas tiga lempengan besar yaitu lempeng Arab, Afrika, dan Eurasia. Alhasil, ketika lempeng itu bergerak, gempa yang dihasilkan pun cukup besar. Istanbul, kota terbesar di negara itu, berada di atas garis patahan aktif.

6. India

India merupakan negara berikutnya yang paling sering dilanda gempa. Negara ini berada di atas lempeng India yang bergerak 47 mm setiap tahunnya. Daerah di sekitar Delhi terletak di dekat perbatasan lempeng tektonik India, yang membawa risiko tingkat tinggi. Ada juga banyak bangunan bata di negara ini, yang dapat dengan mudah runtuh dan menghancurkan siapa pun di dalamnya.

7. Pakistan

Menjadi tetangga India, hal ini membuat Pakistan juga merasakan hal yang sama. India, Pakistan berdiri di atas lempeng Eurasia dan India yang membuat negara ini berkali-kali dilanda gempa.

Pegunungan di Pakistan juga rawan gempa bumi. Pada 2005, gempa bumi di pegunungan negara ini menewaskan lebih dari 76.000 orang. Pakistan berdiri di atas kedua lempeng India dan Eurasia, yang karenanya sering terlihat bergetar. Wilayah utara negara itu, yang daratannya dipenuhi kota-kota dataran tinggi seperti Muzaffarabad, adalah yang paling berisiko.

 

 

7 Negara Paling Rawan Gempa Bumi di Dunia - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

7 Negara Paling Rawan Gempa Bumi di Dunia

03 min