7 Kawah Terindah di Dunia

7 Kawah Terindah di Dunia

Indonesia memiliki banyak gunung berapi aktif yang membentang dari ujung Sabang sampai Merauke, maka tidak salah bila Indonesia masuk ke dalam Ring of Fire. Meski terkenal akan gunung berapinya yang masih aktif, keindahan alam Indonesia begitu menarik untuk dijelajahi maka tidak salah bila keindahan dua kawah di Indonesia masuk dalam daftar kawah terindah di dunia.

Danau kawah (crater lake atau volcanic lake) atau Danau kepundan adalah massa air (danau) yang menutupi permukaan suatu kawah gunung api. Sekitar 12% dari 700-an gunung api yang ada di bumi kawahnya tertutupi oleh massa air.

Keadaan fisik dan kimia danau kawah berbeda-beda, tergantung aktivitas gas magma serta interaksi batuan dengan cairan antara permukaan magma dan situasi di bawah permukaan. Perubahan-perubahan pada kondisi danau menunjukkan dinamika dan kerumitan proses yang terjadi di danau karena berbagai proses fisika dan kimiawi terjadi dalam waktu bersamaan.

Kondisi tersebut membuat berbagai flora menyelimuti sekitar danau. Terlebih, warna danau yang dipengaruhi keluaran gas belerang (H2S dan SO2) biasanya berwarna hijau cerah. Warna ini dapat berubah sewaktu-waktu menjadi kuning atau putih, tergantung kepekatan gas yang keluar.

Gas lain yang dapat dikeluarkan kawah adalah gas klor, fluor, CO serta CO2. Komposisi gas-gas yang terlarut atau bereaksi dengan air dan mineral mengakibatkan perbedaan warna danau. Berikut ini adalah daftar 7 kawah terindah di dunia:

Kawah yang berada di Gunung Ijen, Jawa Timur, itu menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan bagi wisatawan. Selain kawahnya yang cantik, kita juga bisa melihat fenomena blue fire atau api biru dari kawah sebelum fajar tiba. Di tempat ini kita akan menemui banyak penambang belerang.

Foto-foto dengan latar belakang Kawah Ijen dengan asap belerangnya yang mengepul, menjadikan spot di sekitar kawah sangat Instagramable dan wajib untuk dikunjungi.

Luas Danau ini sekitar 26 kilometer persegi, menjadikannya salah satu danau terbesar di El Salvador, dan memiliki sumber air panas sepanjang perbatasannya. Di danau ada sebuah Pulau yang disebut Teopan, yang merupakan Situs Maya suci.

Danau ini terletak di sebuah kaldera gunung berapi aktif. Dan danau ini merupakan salah satu danau terbesar di Jepang.

Heaven Lake atau Danau surga adalah salah satu danau kawah yang paling menakjubkan di dunia. Danau kawah ini terletak di perbatasan antara Korea Utara dan China. Menurut sejarahnya, Heaven Lake terbentuk di dalam sebuah kaldera diatas Gunung Baekdu akibay letusan yang besar pada 969 M.

Danau kawah ini memiliki ketinggian permukaan hingga 2.189 m. Keindahannya semakin terlihat sangat memukau di musim dingin karena bagian atasnya akan tertutup tumpukan salju.

Danau Laach merupakan danau kawah yang terletak di Rhineland-Palatinate, Jerman, dekat kota Koblenz (24 km), Bonn (37 km), Andernach (8 km) , dan Mayen (11 km), dan hanya 8 km jauh dari sungai Rhine. Diameter danau ini sekitar 9 km.

Danau ini merupakan danau terbesar di Selandia Baru. Luas danau ini di perkirakan sekitar 616 km. Dan di perkirakan danau ini telah meletus sebanyak 27 kali.

Satu lagi danau kawah terindah yang ada di Indonesia, yaitu danau Kalimutu yang terletak di Nusa Tnggara Timur di wisata gunung Kalimutu. Gunung yang terletak di desa Pemo, Kecamatan Kelimutu Kabupaten Ende ini memiliki sejumlah daya tarik di mata wisatawan. Dimana ada danau tiga warna.

Sesuai dengan namanya, danau kawah ini memiliki tiga warna yang berbeda yaitu merah (Tiwu Ata Polo), biru (Tiwu Ata Mbupu), dan hijau (Tiwu Nuwa Muri Koo Fai). Kendati demikian warna tersebut cenderung berubah-ubah seiring dengan berjalannya waktu. Danau kawah Kalimutu ternyata juga dinobatkan sebagai salah satu danau kawah terindah di dunia.

 

 

7 Kawah Terindah di Dunia - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

7 Kawah Terindah di Dunia

02 min