5 Negara Dengan Libur Sekolah Paling Panjang

5 Negara Dengan Libur Sekolah Paling Panjang

Libur sekolah merupakan saat yang paling ditunggu oleh semua pelajar, tidak terkecuali di Indonesia. Namun sayang, libur sekolah di Indonesia terbilang singkat. Alhasil banyak siswa yang terpaksa harus kembali lagi ke rutinitas belajar dengan cepat. Namun rupanya ada banyak negara dengan libur sekolah yang sangat panjang lho. Negara mana saja yang memiliki libur sekolah paling panjang?

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kurikulum pendidikan di Indonesia amat berat untuk para peserta didik. Kurikulum yang berat acapkali membuat para siswa bosan sekolah. Sayangnya jumlah hari libur sekolah juga tidak banyak. Selain hari libur nasional dan cuti bersama, hari libur sekolah di Indonesia hanya ada di tiap akhir semester, yang masing-masing 2 minggu lamanya.

Beda halnya dengan di luar negeri yang terbilang memiliki hari libur sekolah cukup panjang. Hal ini dipengaruhi adanya liburan musim panas  yang biasa juga disebut istirahat musim panas. Ini menjadi liburan terpanjang pada tahun ajaran.

Di luar libur wajib sekolah, biasanya siswa mendapatkan libur tambahan antara 6 dan 14 minggu khusus untuk beragam perayaan nasional atau tergantung pada negara yang memberlakukannya. Berikut ini negara dengan libur sekolah paling panjang, antara lain :

Para siswa di Prancis tidak merasakan penderitaan yang sama dengan siswa Indonesia. Hari libur sekolah di negara ini terbilang sangat banyak, bahkan totalnya bisa mencapai 5 bulan dalam setahun. Jumlah hari sekolah di Prancis hanya sebanyak 144 hari dalam setahun, jauh lebih sedikit dari rata-rata negara maju lainnya yang berjumlah 187 hari.

Di Argentina, tahun ajaran berakhir pada awal atau pertengahan Desember dan dimulai akhir Februari atau awal Maret. Juga sebagian besar siswa mendapatkan dua minggu liburan selama musim dingin, yang bervariasi tergantung pada wilayah negara, biasanya dari akhir Juli atau pertengahan Juli hingga awal Agustus.

Sementara itu, untuk siswa pendidikan dasar biasanya dari pertengahan Desember hingga akhir Februari (2 bulan). Untuk pendidikan menengah, dari awal Desember hingga awal Maret (3 bulan). Sedangkan untuk pendidikan universitas mulai dari hari terakhir Desember (31 Desember) hingga awal April (3 bulan).

Di Austria, tanggal liburan musim panas berbeda-beda di setiap wilayah, namun waktu istirahat berlangsung sembilan minggu di seluruh negara. Sekolah biasanya berakhir pada awal Juli dan dimulai pada awal September.

Di wilayah Wina, Austria Hilir dan Burgenland liburan musim panas dimulai pada hari Sabtu pertama di bulan Juli dan satu minggu kemudian di Carinthia, Styria, Tyrol, Vorarlberg, Salzburg dan Austria Atas. Para siswa akan memulai kembali aktivitasnya pada hari Senin pertama bulan September di Wina, Austria Hilir dan Burgenland; dan pada hari Senin kedua bulan September di wilayah lain.

Di Amerika Serikat, liburan musim panas berlangsung dua hingga tiga bulan. Sebagian besar sekolah di Timur Laut Amerika Serikat berakhir pada Juni dan mulai Rabu setelah Hari Buruh, sementara sebagian besar sekolah di Amerika Serikat Selatan memiliki sekolah yang berakhir pada Mei dan mulai lagi di Agustus. Setiap perayaan seperti Paskah, Natal dan lainnya siswa mendapatkan hari libur selama sepekan.

Di Mesir, liburan musim panas berlangsung dari awal atau pertengahan Juni hingga pertengahan September (3 Bulan – 14 Minggu) di sekolah umum, meskipun panjangnya sedikit berbeda sesuai usia. Di sebagian besar sekolah swasta, liburan musim panas berlangsung dari pertengahan atau akhir Juni hingga awal September (2,5 Bulan – 10 Minggu).

 

 

 

 

 

5 Negara Dengan Libur Sekolah Paling Panjang - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

5 Negara Dengan Libur Sekolah Paling Panjang

02 min