5 Kebiasaan yang Bisa Menurunkan IQ, Apa Saja?

5 Kebiasaan yang Bisa Menurunkan IQ, Apa Saja?

Setiap Individu memiliki beragam kebiasaan. Kebiasaan ini diyakini dapat memberikan kenyamanan dalam menjalankannya. Namun, tanpa disadari, beberapa kebiasaan ternyata ada yang bisa menurunkan intelligence quotient (IQ) atau kecerdasan intelektual. Lalu apa saja kebiasaan yang bisa menurunkan IQ itu?

IQ atau kecerdasan intelektual yang dimaksud adalah gambaran dari kemampuan orang dalam berpikir, mengingat, memahami, mengolah, bertindak, dan mengevaluasi, yang terbentuk atas proses belajar serta pengalaman hidup.

Menurut para ahli, semua hal di dunia modern mulai dari teknologi hingga kebiasaan makan bisa mengikis kemampuan otak, menyerang pusat syaraf dan membuat lebih lambat dan kurang gagasan. Para peneliti mulai mengkhawatirkan fenomena ini, karena skor IQ manusia saat ini semakin menurun.

Dilansir berbagai sumber, berikut adalah beberapa kebiasaan yang dapat menurunkan IQ:

Stres merupakan salah satu kebiasaan yang sebenarnya buruk. Stres sendiri bisa terjadi karena berbagai hal, mulai dari disebabkan oleh keuangan, pekerjaan, hingga kehidupan sosial. Selain dapat menurunkan fungsi otak, stres juga dapat meningkatkan risiko terkena alzheimer.

Mengerjakan banyak tugas sekaligus sejatinya tidak direkomendasikan oleh ahli karena dapat menurunkan IQ. Dari penelitian yang dilakukan ahli saraf dari Massachusetts Institute of Technology, Earl Miller, didapati bahwa otak ternyata tidak dibuat untuk multitasking. Adapun multitasking, faktanya, hanya ilusi saja, yang pada akhirnya prosesnya tetap saling tunggu giliran.

Menonton televisi menjadi salah satu cara paling populer untuk mendapatkan hiburan. Menonton acara televisi kerap kali membuat rileks karena tak butuh banyak usaha fisik dan mental. Namun, ternyata menonton televisi terlalu sering merupakan kebiasaan yang dapat menurunkan IQ. Selain membuat diri menjadi pasif, otak juga akan menjadi tidak aktif dalam beberapa saat.

Salah satu kebiasaan sehari-hari paling bagus yakni menjaga kualitas tidur. Tidur nyenyak tiap malam, selain membuat tubuh jadi segar dan berenergi, juga menjaga kesehatan mental. Efeknya, belajar lebih fokus, mudah memperhatikan, dan menyimpan informasi.

Sebuah studi mengklaim bahwa orang yang kekurangan istirahat atau tidurnya tidak berkualitas dapat dengan mudah merasa bosan, sering melakukan kesalahan, dan tidak stabil secara emosional.

Meski otak membutuhkan gula, studi dari University of California mendapati konsumsi berlebihan bisa bikin kesulitan mengingat materi ketika belajar. Karena itu pula demensia pada penderita diabetes bukanlah kebetulan.

Sementara lemak jenuh, konsumsi secara rutin dapat menyebabkan kolesterol jahat yang mana merusak sistem peredaran darah. Efeknya, oksigen yang mencapai otak lebih sedikit sehingga menurunkan kemampuan berpikir

 

5 Kebiasaan yang Bisa Menurunkan IQ, Apa Saja? - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

5 Kebiasaan yang Bisa Menurunkan IQ, Apa Saja?

02 min