5 Jurusan Unik di Politeknik, Ada yang Tertarik?

5 Jurusan Unik di Politeknik, Ada yang Tertarik?

Tidak sedikit lulusan SMA/SMK bingung memilih untuk melanjutkan studi maupun jurusan ke jenjang berikutnya. Pasalnya, ilmu di perkuliahan nanti diharapkan bisa menunjang saat di dunia kerja. Namun, bagi kamu generasi kekinian mungkin akan tertarik dengan jurusan unik politeknik yang tidak biasa, tapi prospek pekerjaannya cukup menjanjikan. Kira-kira apa saja jurusan apa saja?

Pada dasarnya, politeknik itu sendiri adalah institusi perguruan tinggi selain akademi, institusi, sekolah tinggi dan universitas. Politeknik menyelenggarakan pendidikan Vokasi dalam sejumlah bidang pengetahuan khusus. Dengan begitu, politeknik merupakan pendidikan profesional yang fokus mempelajari bidang tertentu dengan memberikan pengalaman belajar dan latihan yang memadai.

Seiring dengan perkembangan zaman, maka jurusan perkuliahan juga mengikuti dengan membuka jurusan-jurusan yang anti mainstream. Begitu pula dengan politeknik, dimana setidaknya ada lima jurusan unik politeknik yang bisa menjadi pilihan dan disinyalir memiliki prospek yang baik dalam dunia kerja. Dimana, setelah lulus, mahasiswa akan diberikan gelar Sarjana Terapan atau S. ST.

Adapun 5 jurusan unik politeknik tersebut antara lain :

Dengan kemajuan teknologi saat ini banyak orang yang hobi bermain game baik lewat ponsel maupun komputer. Jurusan ini akan cocok bagi mereka yang suka bermain game. Apalagi jurusan teknologi game ini membekali mahasiswa dengan 4 kemampuan dasar di industri game yaitu kemampuan teknis, kemampuan desain, kemampuan sosial dan komunikasi, serta kemampuan bisnis untuk berwirausaha di bidang industri game.

Setelah lulus maka mahasiswa bisa bekerja di berbagao game developer, baik bergabung di tim game, design, game art, maupun game programming. Politeknik yang menyediakan jurusan ini adalah Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Jurusan ini akan belajar mengenai rekayasa utilitas bangunan gedung. Namun, tidak hanya gedung perkantoran tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk gedung hunian, komeraial, perhotelan, hingga industri.

Prospek lulusan jurusan ini bisa bekerja di berbagai sektor seperti industri retail, perhotelan bahkan kapal pesiar, rumah sakit, perbankan, dan perkantoran. Bahkan bukan hanya itu, lulusan jurusan ini juga memiliki kesempatan di perusahaan konsultan, industri pengolahan pangan, manufaktur farmasi, kimka, petrokimia, pertambangan, dan tekstil. Adapun politeknik yang menyediakan jurusan ini adalah Politeknik Negeri Bali (PNB).

Pada jurusan ini kamu akan dibekali dengan kemampuan spesifik dalam bidang supply chain, procurement, warehouse management, projecy management, dan menjadi enterpreneur yang andal. Lulusan jurusan yang terhitung baru ini memiliki kapasitas sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Adapun jurusan ini ada di Politeknik Negeri Batam.

Rekayasa keamanan cyber adalah jurusan yang mempelajari pengembangan keamanan cyber untuk tujuan tertentu. Lulusannya memiliki keterampilan yang baik di bidang keamanan cyber dan jaringan. Adapun kampus yang menawarkan jurusan ini antara lain Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) atau Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN).

Bagi kamu yang suka dengan tanaman mungkin akan cocok dengan jurusan satu ini. Dimana jurusan ini akan membekali mahasiswanya tentang cara pembibitan yang baik, budidaya, penanganan pasca panen, dan pemasaran tanaman holtikultura untuk tanaman hias, biah-buahan, dan sayur mayur. Jurusan ini berada di Politeknik Negeri Jember.

 

5 Jurusan Unik di Politeknik, Ada yang Tertarik? - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

5 Jurusan Unik di Politeknik, Ada yang Tertarik?

02 min