5 Jurusan Kurang Peminat, dengan Prospek Kerja Bagus

5 Jurusan Kurang Peminat, dengan Prospek Kerja Bagus

Memasuki masa tes masuk perguruan tinggi, calon mahasiswa akan dihadapkan pada pilihan universitas. Tidak hanya itu, pilihan jurusan juga akan menjadi salah satu prioritas, karena akan menentukan masa depan nanti. Pilihannya, jika ambil jurusan favorit tentu akan banyak saingannya. Pilihan jurusan kurang peminat juga bukan berarti tidak memiliki prospek bagus. Yuk kita intip jurusan kurang peminat tapi memiliki prospek kerja yang bagus!

Banyaknya pilihan jurusan di perguruan tinggi kadang bikin calon mahasiswa baru pusing dan galau. Apabila salah jurusan karena tidak sesuai dengan keinginan, bisa-bisa kuliah berhenti di tengah jalan.

Untuk itu, kini calon mahasiswa dibebaskan untuk memilih jurusan kuliah sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing. Sebab dengan memilih jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat maka mahasiswa akan lebih nyaman dan semangat untuk berkuliah.

Sudah menjadi rahasia umum pada tes masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), jika semakin banyak peminatnya, maka semakin besar juga persaingan masuk jurusan tersebut. Alternatifnya, kamu bisa memilih jurusan kurang peminat.

Namun jangan salah, ternyata  banyak jurusan kurang peminat, justru memiliki prospek kerja yang bagus. Nah, berikut adalah daftar jurusan kurang peminat namun memiliki prospek kerja yang bagus, antara lain:

Di Indonesia, program studi ini sepi peminat karena dianggap sulit dan prospek kerjanya belum diketahui. Padahal, lulusannya sangat dibutuhkan oleh lembaga khusus seperti BMKG, LAPAN, dan observatorium.

Terlebih, lembaga-lembaga tersebut membutuhkan tenaga ahli untuk mengetahui fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer bumi. Institut Teknologi bandung (ITB) merupakan satu-satunya universitas yang mempunyai jurusan astronomi di Indonesia.

Indonesia adalah negara tropis yang punya banyak sekali kawasan hutan dan menjadi salah satu pusat kekayaan negara. Itu artinya, memilih jurusan Kehutanan pastinya memiliki prospek kerja yang bagus. Para lulusannya bisa bekerja di berbagai instansi pemerintah, BUMN maupun swasta, seperti dinas kehutanan dan balai pengelolaan lingkungan hingga berbagai lembaga nirlaba lainnya.

Selain jurusan kehutanan, laut Indonesia yang luas juga bisa menjadi ladang pekerjaan yang bagus. Maka tidak salah bila kuliah nanti mengambil jurusan oseanografi. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari fenomena dan kondisi laut, seperti organisme laut, dinamika ekosistem, geologi dasar laut, dan sebagainya.

Lulusan jurusan ini akan sangat dibutuhkan, karena pemerintah sendiri akan membutuhkan banyak ahli kelautan. Jadi tidak perlu khawatir akan prospek kerjanya karena pastinya akan banyak industri yang membutuhkan, seperti industri perikanan dan laut. Selain itu, kamu juga dapat bekerja sebagai oceanographer, coastal modeler, marine seismic navigator, dan masih banyak lagi.

Sudah jelas bahwa Indonesia merupakan negara agraris. Dan tentu saja negara akan membutuhkan banyak tenaga ahli untuk mengurus aliran air demi kelancaran ekonomi. Seperti irigasi di persawahan, pemanfaatan sungai, sampai saluran air di bangunan perkotaan.

Seiring bertumbuhnya asuransi di Indonesia, makin banyak orang serta instansi yang membutuhkan aktuaris. Aktuaris adalah tenaga ahli yang bisa menerapkan ilmu keuangan dan teori statistik. Tugasnya adalah menghitung risiko sekaligus biaya bagi perusahaan asuransi.

 

5 Jurusan Kurang Peminat, dengan Prospek Kerja Bagus - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

5 Jurusan Kurang Peminat, dengan Prospek Kerja Bagus

02 min