5 Contoh Teks Tanggapan Tentang Lingkungan Sekolah

5 Contoh Teks Tanggapan Tentang Lingkungan Sekolah

Teks tanggapan adalah teks yang isinya tentang pendapat seseorang. Baik berupa kritik, saran, pujian ataupun sanggahan terhadap sesuatu. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mempelajari contoh teks tanggapan tentang lingkungan sekolah dalam artikel ini.

Teks tanggapan merupakan teka yang berisi tentang sudut pandang seseorang atas informasi yang mereka terima. Umumnya, teks tanggapan dibuat dalam rangka untuk memberikan tanggapan terhadap karya ilmiah, karya sastra informasi berita atau fenomena tertentu.

Secara umum, ada 3 struktur sederhana teks tanggapan, yaitu:

Bila Anda menulis teks tanggapan dengan pendekatan struktur ini, maka teks Anda akan jauh lebih bermanfaat.

Yuk, simak pembahasan lengkapnya dalam artikel ini.

Sekolah membutuhkan  halaman yang luas dan representative untuk kebutuhan siswa dan peserta didik. Mulai dari upacara bendera, apel pagi, latihan pramuka dan latihan baris berbaris.

Sekolah merupakan tempat terbaik untuk membentuk karakter dan kepribadian peserta didik. Salah satu unsur penting sekolah adalah adanya halaman sekolah. Ada banyak manfaat halaman sekolah terutama bagi siswa-siswi sekolah. Di antara manfaat halaman sekolah adalah sebagai tempat untuk upacara bendera, tempat apel pagi siswa, acara untuk momentum tertentu, seperti pramuka, latihan baris-berbaris dan lain sebagainya.

Pihak pengelola sekolah perlu menyiapkan halaman sekolah yang luas untuk memenuhi kebutuhan peserta didik saat upacara bendera, apel pagi dan kegiatan ekstrakurikuler. Seperti pramuka olahraga dan latihan baris berbaris.

Baca juga:  7 Contoh Teks Pidato Persuasif yang Menarik

Sekolah sering kurang memperhatikan kebersihan lingkungan sekolah karena terlalu banyaknya siswa dan peserta didik. Sehingga menimbulkan sampah, lingkungan yang kotor dan menyebarkan berbagai macam penyakit.

Sekolah sebagai tempat belajar bagi siswa dan peserta didik perlu terjaga kebersihannya. Setiap kelas perlu ada piket kelas untuk menjaga kebersihan kelas. Halaman sekolah juga perlu terjaga kebersihannya. Sehingga pihak pengelola sekolah perlu mengangkat seorang tukang kebun yang bertugas menjaga kebersihan sekolah setiap hari.sehingga sekolah bersih, asri dan bebas dari sampah.

Kebersihan lingkungan sekolah perlu dijaga oleh seluruh keluarga besar sekolah. Mulai dari guru, siswa, peserta didik dan seluruh komponen sekolah. Sekolah juga perlu mengangkat seseorang sebagai tukang kebun sebagai penanggung jawab kebersihan sekolah.

Banyaknya sampah yang berserakan menunjukkan kurang terjaganya kualitas kebersihan sekolah. Sehingga pihak sekolah perlu menggalakkan kebersihan sekolah dengan menyediakan tempat sampah. Di tempat yang representatif.

Banyaknya sampah yang berserakan dan tak beraturan merupakan fenomena yang umum terjadi di sekitar kita terutama di lingkungan sekolah. Pihak sekolah perlu menanamkan kesadaran sejak dini kepada keluarga besar sekolah, agar mereka menjaga kebersihan sekolah dengan tekun penuh kesadaran.

Hal ini bisa dimulai dari membuang sampah pada tempatnya, menyediakan tempat sampah pada tempat-tempat strategis. Sehingga tidak ada alasan bagi anggota keluarga besar sekolah untuk membuang sampah pada tempatnya. Sekolah bisa memberikan sanksi pada siapapun yang tidak membuang sampah pada tempatnya.

Sampah merupakan salah satu fenomena yang ada di lingkungan terutama sekolah. Pihak sekolah bisa mengatasi hal ini dengan menyediakan tempat sampah di tempat yang representatif dan mudah dijangkau siswa.  Untuk mengamankan regulasi tentang sampah ini, maka sekolah bisa membuat aturan pemberian sanksi pada siapapun yang membawa sampah tidak pada tempatnya.

Salah satu kebutuhan penting sekolah adalah tersedianya kamar mandi yang representatif. Setiap anggota sekolah pasti butuh tempat ini untuk membuang hajat dan membuang air kecil.  Bila sekolah menyediakan sarana kamar mandi yang representatif, maka setiap orang bisa memenuhi hajatnya dengan tenang dan nyaman.

Sekolah perlu memiliki sarana umum berupa kamar mandi yang representatif. Kamar mandi ini sebagai tempat untuk buang air kecil, buang hajat bagi siswa dan seluruh peserta didik.  Dari sekian ratus siswa tentu setiap hari ada anak yang membutuhkan tempat untuk memenuhi kebutuhan hajatnya, yaitu kamar kecil.

Pihak sekolah perlu menyediakan kamar mandi untuk memenuhi kebutuhan keluarga besar sekolah.  Sehingga setiap peserta didik siswa bisa memanfaatkan kamar mandi ini saat mereka membutuhkannya.

Sekolah perlu memiliki kantin yang representatif untuk memenuhi kebutuhan jajan anak-anak, siswa dan peserta didik.

Setiap anak saat berangkat sekolah pasti mendapatkan uang saku dari orang tua terutama ibunya. Mereka butuh jajan untuk kesenangan mereka. Sekolah perlu menyediakan kantin yang representatif, lengkap dengan harga terjangkau.

Apalagi bila siswa terburu-buru saat berangkat ke sekolah, mereka sering lupa sarapan. Maka, kantin sekolah bisa jadi solusi bagi mereka yang belum sarapan di rumah.

Sehingga semua siswa bisa memenuhi kebutuhan jajannya di sekolah tanpa perlu keluar dari halaman sekolah sehingga lebih aman terkendali dan jauh dari bahaya kendaraan yang lewat di jalan raya.

Sekolah belum menyediakan kantin yang representatif, luas dan lengkap. Sehingga siswa tak perlu keluar sekolah untuk memenuhi kebutuhan jajannya. Sehingga mereka akan merasa nyaman dan tenang tinggal di lingkungan sekolah.

Belajar adalah amalan yang utama dalam Islam. Seorang siswa perlu mendekatkan diri pada Allah agar dapat ridha-Nya. Mereka butuh tempat untuk melepas kejenuhannya. Solusinya adalah musola sekolah. Di musola ini mereka bisa beribadah pada Allah di saat istirahat sekolah.

Mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim. Maka, mayoritas peserta didik sekolah-sekolah muslim juga. Siswa yang beragama Islam, perlu menyalurkan kebutuhan rohaninya melalui ibadah. Salah satunya beribadah di musala, maka pihak sekolah perlu menyediakan musala yang sehat dan representatif.

Sehingga siswa akan terbentuk karakternya. Mereka tak hanya jadi anak yang pandai, cerdas dan pintar tapi mereka orang yang taat agama dan menjalankan agama sesuai dengan keyakinan mereka masing-masing.

Tersedianya musala yang representatif di sekolah menjadi kebutuhan keluarga besar sekolah. Sehingga saat istirahat, mereka ingin melepas kepenatan dengan beribadah mereka bisa melakukannya. Saat siswa terbiasa beribadah dengan baik, baik di rumah atau di sekolah, maka mereka akan jadi pribadi yang jauh lebih tangguh, kuat dan berkarakter.

Teks tanggapan jadi solusi bagi Anda yang ingin menyampaikan tanggapan yang kaya ide, masukan, saran, kritik yang bersifat membangun.

Teks tanggapan yang bagus memberikan kesimpulan dari pernyataan yang disampaikan sebelumnya sehingga pembaca memperoleh manfaat dari teks yang mereka baca.

Dalam artikel ini Anda sudah belajar tentang contoh teks tanggapan tentang lingkungan sekolah yang bisa Anda duplikasi. bila Anda paham strukturnya, maka Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Semoga artikel yang penulis sajikan dalam artikel ini bermanfaat untuk hari ini.

Posting 5 Contoh Teks Tanggapan Tentang Lingkungan Sekolah .


Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

5 Contoh Teks Tanggapan Tentang Lingkungan Sekolah

04 min