5 Contoh Teks Pidato Tentang Pendidikan. Mudah Dan Simpel

5 Contoh Teks Pidato Tentang Pendidikan. Mudah Dan Simpel

Pendidikan termasuk salah satu pilar agar bangsa ini maju dan bermartabat. Majunya bangsa bukan hanya dinilai dari seberapa kaya suatu negara tapi seberapa maju pendidikannya. Kali ini penulis menyajikan beberapa contoh teks pidato tentang pendidikan yang bisa Anda duplikasi.

Pendidikan bukan hanya untuk mendetak siswa dan peserta didik yang pandai dan pintar. Tetapi lebih dari itu, pendidikan harus mampu mendetak siswa yang bermoral dan berakhlak mulia. Tanpa akhlak dan moralitas, maka pendidikan gagal melahirkan generasi yang maju dan beradab.

Pendidikan karakter merupakan salah satu pendidikan yang ditanamkan pada peserta didik di sekolah.  Di era modern ini pendidikan karakter mulai ditinggalkan dan dianggap kurang penting. Padahal  untuk mencapai kesuksesan manusia tak bisa terlepas dari karakter.  Bila pendidikan hanya melahirkan siswa dan peserta didik yang pandai pintar tapi tak memiliki karakter maka mereka bisa jadi zombie yang kelaparan.

Karakter sama dengan akhlak.  Kemuliaan manusia tak dinilai dari seberapa banyak harta yang dia miliki seberapa tinggi jabatannya seberapa cantik rupanya tetapi seseorang dinilai dari seberapa tinggi dan mulia akhlaknya.

Orang yang punya akhlak budi pekerti  jauh lebih mulia dari orang kaya yang tak punya adab dan sopan santun.

Nilai-nilai karakter ini perlu kita tanamkan pada peserta didik agar mereka tumbuh menjadi pribadi yang berakhlak punya moralitas tahu adab.  Baru tahap berikutnya kita memaksimalkan potensi yang mereka miliki dari ilmu pengetahuan,  keterampilan dan skill. Skill untuk mendukung kehidupan mereka agar menjadi pribadi yang sukses.

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Kepada bapak ibu guru yang kami hormati dan teman teman yang berbahagia,

Perkenankan di sini saya berdiri untuk menyampaikan materi pidato “Pentingnya pendidikan agama dalam kehidupan sehari-hari”.  Era modern membuat banyak orang menganggap agama tak penting lagi. Sehingga mereka berlomba-lomba mengantarkan putra-putrinya bersekolah ke lembaga pendidikan formal dan sekolah favorit. Tujuan utamanya supaya anak-anaknya memiliki bekal ilmu pengetahuan yang tinggi dan luas. Tujuan utamanya agar kelak ketika dewasa mereka bisa bekerja dan menghasilkan uang yang melimpah.

Namun, sayang mereka tak memberikan bekal pendidikan agama yang cukup. Sehingga akan lahir anak-anak yang pandai, pintar tapi mereka miskin akhlak dan ilmu agama.

Bila mereka masuk ke pemerintahan, mereka menjadi tokoh masyarakat, maka mereka akan menjadi orang-orang yang tak bisa jadi panutan.

Esensi manusia bukan pada rupa wajah yang cantik dan ganteng, kekayaan melimpah, kedudukan atau jabatan bergengsi. Tetapi esensi manusia ada pada akhlak, perilaku dan sopan santun mereka.  Maka, mari kita dalami agama kita sebaik-baiknya. Agar kita menjadi pribadi yang berguna dan bermanfaat dunia akhirat.

Demikian pidato yang bisa saya sampaikan tentang pentingnya ilmu agama bagi kehidupan manusia.

Semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat untuk sahabat-sahabat sekalian.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bapak ibu dewan guru yang kami hormati, sahabat-sahabat sekalian yang saya cintai dan saya banggakan,

Saya berdiri di sini dalam rangka untuk menyampaikan pidato. Kali ini saya akan berbicara tentang “Pentingnya pendidikan sekolah bagi generasi muda”.

Sekolah adalah tempat terbaik untuk mencetak generasi muda yang paham ilmu pengetahuan, cerdas, tangkas dan ada di garda depan pembangunan bangsa.

Mereka adalah generasi mudah yang bermanfaat, memiliki ilmu pengetahuan agama luas, memiliki pemahaman yang dalam tentang bangsa negara dan sejarahnya.

Dalam mengarungi kehidupan berbangsa dan bernegara, mereka tak boleh melupakan jasa-jasa para pejuang. Para pahlawan telah gugur membela bangsa ini hingga mereka mengorbankan jiwa raganya.

Maka, saya mengajak teman-teman agar semangat belajar untuk mengisi kemerdekaan ini karena perjuangan kita bukan perang melawan penjajah tetapi perang melawan kemalasan yang ada dalam diri kita.

Semoga pidato yang saya sampaikan ini bermanfaat dan mampu menumbuhkan optimisme sahabat semuanya.

Saya akhiri.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Bapak ibu yang berbahagia, sahabat ku tercinta,

Izinkan saya berdiri disini untuk berpidato menyampaikan tentang pendidikan moral bagi generasi muda.

Generasi muda adalah ujung tombak pembangunan bangsa indonesia. Di tangan merekalah, nasib bangsa ini 10 hingga 20 tahun mendatang. Maka, agar remaja tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter, mereka harus memiliki moral. Moral adalah ilmu tentang adab, akhlak yang perlu kita belajar setiap hari.

Seseorang menjadi mulia bukan karena harta yang mereka miliki, wajah tampan cantik yang mereka miliki, jabatan tinggi yang mereka pegang tetapi karena nilai-nilai moral yang ada dalam diri mereka.

Seseorang tidak serta merta menjadi mulia karena memiliki wajah yang rupawan, harta yang berlimpah, mobil mewah dan jabatan yang bergengsi. Walaupun mereka memiliki semuanya tapi tak memiliki moral yang tinggi, maka mereka adalah manusia yang rendah lebih rendah dari hewan.

Di era modern ini mempertahankan moral dan menganggap unggul orang yang punya moral adalah perjuangan yang luar biasa. Banyak orang terlena sehingga mereka menganggap moral tak penting. Hanya melihat seseorang dari sisi rupawan harta yang melimpah jabatan yang tinggi dan mobil yang mewah.

Tetapi mereka akan merasa tertipu ketika mereka melihat orang-orang yang mereka banggakan ini jatuh dalam kehinaan karena kehilangan sesuatu yang paling berharga dalam hidupnya yaitu moral.

Demikian pidato yang bisa saya sampaikan tentang pentingnya moral bagi generasi muda. Semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat untuk sahabat-sahabat sekalian dan untuk saya pribadi khususnya.

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Bapak ibu guru yang mulia, sama sahabatku yang berbahagia,

Izinkan aku berdiri di sini dalam rangka untuk menyampaikan tentang pentingnya pendidikan online

Tanpa kita sadari, kita sedang ada di dunia yang maju berupa hadirnya internet dan digital. Nyaris, manusia tak bisa terlepas dari dunia maya. Melalui dunia maya kita bisa berinteraksi satu sama lain tanpa batas. Terutama melalui sosial media Facebook, Whatsapp, Instagram, Tik Tok Dan Youtube.

Di era modern ini setiap orang bisa membuat konten. Dan konten ini bisa dinikmati oleh siapapun di seluruh dunia.

Banyak siswa dan peserta didik yang lalai dari belajar. Banyak dari mereka yang fokus hanya membuat konten untuk menghasilkan pundi-pundi uang dan rupiah. Padahal, di masa mudanya, mereka perlu belajar rajin dan sungguh-sungguh.

Datangnya pademi mendisrupsi semuanya tanpa pernah bisa kita prediksi. Pandemi datang membuat banyak orang panik. Sekolah tutup, swalayan tutup dan pasar pun tutup. Manusia tidak bisa terlepas dari kebutuhan setiap hari. Untuk pendidikan, ada satu solusi terbaik yaitu memanfaatkan internet.

Pembelajaran online adalah solusinya. Dalam pembelajaran online, siswa tak perlu datang ke sekolah. Sehingga mereka cukup belajar dari ponsel yang mereka miliki. Guru menyampaikan materi jarak jauh dari sekolah. Setelah penyampaian materi guru bisa memberikan tugas kepada peserta didiknya.

Memang awal-awal, semua merasa susah dan belum bisa beradaptasi. Tapi lambat laun semua sudah bisa beradaptasi dan paham betapa mudahnya belajar. Dengan memanfaatkan metode belajar jarak jauh melalui online kita bisa mendapat banyak keuntungan.

Salah satunya, siswa tak perlu datang ke sekolah dan menghabiskan banyak biaya. Mulai dari biaya transport, biaya konsumsi dan uang jajan.

Namun, pembelajaran online memiliki kelemahan salah satunya kurangnya interaksi antara guru dan murid. Sehingga guru kurang bisa mengontrol  yang mereka berikan kepada murid dan peserta didik.  Sehingga banyak peserta didik yang tak mampu menguasai pelajaran yang ada dalam kelas mereka.

Demikian pembahasan yang bisa penulis sajikan. Semoga artikel yang penulis sajikan ini bermanfaat.

Saya akhiri.

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Dalam artikel ini penulis telah menyajikan beberapa contoh teks pidato tentang pendidikan. Anda bisa beljar langsung atau memanfaatkan contoh teks pidato ini untuk tugas sekolah yang diberikan oleh guru.

Semoga artikel yang penulis sajikan ini bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Posting 5 Contoh Teks Pidato Tentang Pendidikan. Mudah Dan Simpel .


Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

5 Contoh Teks Pidato Tentang Pendidikan. Mudah Dan Simpel

05 min