4 Teks Pidato Maulid Nabi yang Bisa Kamu Jadikan Contoh

4 Teks Pidato Maulid Nabi yang Bisa Kamu Jadikan Contoh

Tak terasa kita setiap tahun kita menyelenggarakan  peringatan maulid nabi Muhammad SAW. hal menunjukkan setiap sisi nabi Muhammad adalah kemuliaan. Peringatan maulid nabi Muhammad SAW adalah bentuk cinta dan rindu kita pada nabi Muhammad SAW.

Mau tahu contoh teks pidato maulid nabi SAW yang mudah? Simak contohnya dalam artikel berikut ini.

Assaalaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bapak ibu guru yang terhormat, teman-temanku yang aku sayangi dan aku banggakan.

Di sini aku mewakili kelas 6 akan menyampaikan materi pidato tentang maulid nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.  Aku mengambil topik “Kemuliaan lahirnya nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam”.

Teman-teman, tahukah kalian bahwa nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam adalah nabi terakhir. Allah menjadikan nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam sebagai nabi terakhir, nabi penutup para nabi dan rasul. Sehingga ajaran nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam merupakan rangkuman ajaran nabi-nabi sebelumnya.

Sebagai nabi dan rasul terakhir, maka nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam memiliki banyak keistimewaan. Keistimewaan ini tak dimiliki oleh nabi-nabi sebelumnya. Salah satu keistimewaan nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam adalah ajaran agamanya berlaku sepanjang masa hingga hari kiamat.

Berbeda dengan ajaran nabi-nabi sebelumnya. Ajaran mereka hanya berlaku untuk kaum mereka saja. Saat mereka meninggal dunia, maka ajarannya akan digantikan oleh ajaran nabi yang lain.

Beruntung sekali kita menjadi umatnya nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Semoga kita mendapatkan syafaat beliau di hari kiamat dan bisa bertemu dengan beliau di surga Allah nanti.

Bapak ibu guru yang berbahagia, sahabat-sahabatku yang tercinta. Inilah yang bisa saya sampaikan tentang kemuliaan kelahiran nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Semoga apa yang saya makan ini bermanfaat untuk kalian semua.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bapak ibu guru yang mulia dan sahabat-sahabatku yang berbahagia,

Saya berdiri di sini mewakili kelas 9 akan menyampaikan materi pidato tentang  “Keteladanan akhlak nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam ”.

Bapak ibu guru yang saya hormati, sahabat yang berbahagia,

Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam adalah nabi terakhir yang memiliki banyak keistimewaan. Salah satu keistimewaan nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam adalah akhlak beliau yang sangat mulia.

Kemuliaan akhlak ini beliau ajarkan kepada para sahabat, keluarga dan umat Islam di seluruh dunia. Sehingga kita harus berperilaku menjadi muslim yang baik agar kita membawa citra Islam yang Rahmatan Lil Alamin.

Kemuliaan akhlak nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam mendapat apresiasi dan pujian dari allah Subhanahu Wa Taala dalam Al Quran. Hal ini sebagaimana firman Allah di dalam A Quran sebagai berikut:

Kemuliaan akhlak nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam nyata adanya.  Dalam perjalanan dakwah, beliau mengalami banyak hinaan, cemoohan dan penolakan dari umatnya yang membangkang. Namun nyatanya, beliau selalu memaafkan mereka.

Melihat nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam yang mulia sering mendapat cemoohan dan hinaan dari kaumnya. Malaikat Jibril menawarkan bantuan untuk menghancurkan mereka hingga binasa.

Namun, dengan lemah lembut dan penuh kesabaran nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam menolak tawaran Jibril itu. Beliau mengatakan mereka hanya umat yang belum tahu.  Hal ini menunjukkan kemuliaan dan keluasan hati nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam yang mulia yang mudah memaafkan orang lain.

Dari kisah ini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa manusia itu jadi mulia bukan karena harta yang mereka miliki, bukan karena jabatan yang mereka miliki, bukan pula karena rupa cantik atau ganteng tetapi mereka mulia karena kemuliaan akhlak. Anak yang mulia, ibarat mata uang yang laku di manapun.

Walaupun Kamu tak punya harta, kamu tak punya jabatan, selama kamu beriman dan punya akhlak mulia, maka kamu akan dihargai orang di manapun kamu berada.

Bapak ibu guru, sahabat-sahabat yang berbahagia.

Inilah yang bisa saya sampaikan tentang kemuliaan akhlak baginda nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat khususnya untuk saya pribadi dan umumnya untuk pendengar sekalian.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Bapak ibu guru sah,abat-sahabatku yang tercinta

Saya berdiri di sini dalam rangka mewakili adik-adik kelas 8 akan menyampaikan pidato dengan tema  “Kegembiraan alam semesta dengan lahirnya nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam”.

Di dalam  hadis qudsinya, Allah menyebutkan bahwa  kemuliaan bukan karena nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, maka Allah akan menciptakan dunia dalam semesta ini.  Ini menunjukkan betapa berharganya nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam di sisi Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Bahkan, ketika nabi adam alaihissalam melakukan kesalahan dan bertobat kepada Allah, seraya memohon ampunan-Nya. Allah menerima tobat Adam karena adam bertobat dengan wasilah sahabat nabi Muhammad yang mulia. Allah bertanya pada Adam ”Dari mana kamu tahu nama Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, wahai adam”.

Lantas, Adam menjawab saat di dalam surga, dia melihat di atas arsy tertulis lafaz syahadat:

asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallamarrasulullah.

Adam berkata ”Aku meyakini bahwa nama yang bersanding dengan nama-Mu pastilah nama yang mulia. Maka, aku memohon ampunan-Mu dengan nama yang mulia itu”.

Dari sini kita bisa mengambil pelajaran bahwa kelahiran nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam adalah kelahiran yang ditunggu oleh alam semesta.  Kita sebagai umat Islam sudah sepatutnya berbahagia dan bergembira dengan kelahiran nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.

Bapak ibu guru, sahabat-sahabat sekalian yang berbahagia,

Inilah yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Bapak ibu guru yang berbahagia, adik-adik siswa-siswi yang bapak cintai,

Di sini bapak berdiri atas nama kepala sekolah SMP Negeri 3 Banyuwangi. Bapak menyampaikan kegembiraan yang tak terkira karena hari ini kita menyelenggarakan peringatan maulid nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam di sekolah kita ini.  Walaupun kita menyelenggarakan peringatan maulid dengan acara yang sederhana tetapi tidak mengurangi rasa hikmat dan kecintaan kita kepada nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.

Semoga acara kita pada siang hari ini menjadi bukti bahwa kita adalah orang-orang yang cinta nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam dan semoga kelak pada hari kiamat kita mendapatkan syafaat beliau. Masuk ke dalam surga Allah dan bertemu dengan beliau yang mulia.

Bapak ibu guru, adik-adik sekalian yang berbahagia,

Inilah materi sambutan yang bisa bapak sampaikan mewakili sekolah. Semoga kalian semakin cinta kepada nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam dan kita diakui sebagai umatnya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Maulid nabi Muhammad termasuk peringatan acara melibatkan banyak orang. Sehingga acara seperti ini dalam rangka untuk menenangkan hati dan mendatangkan gembira dalam hati kita sebab kemuliaan seorang nabi terakhir yaitu nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Anda bisa belajar tentang Teks pidato maulid nabi secara mudah dan lengkap lewat channel ini.

Posting 4 Teks Pidato Maulid Nabi yang Bisa Kamu Jadikan Contoh .


Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

4 Teks Pidato Maulid Nabi yang Bisa Kamu Jadikan Contoh

04 min