3 Unsur Penting Dalam Musik, Apa Saja?

3 Unsur Penting Dalam Musik, Apa Saja?

Bagi sebagian orang mendengarkan musik menjadi salah satu alternatif untuk menghilangkan jenuh, stress, maupun meluapkan perasaan. Maka wajar saja jika musik dikatakan sebagai bahasa universal. Namun, untuk menjadi suatu lantunan atau bunyi yang merdu dan teratur harus memperhatikan unsur musik. Apa saja?

Musik menjadi sebuah fenomena unik yang dapat dihasilkan oleh beberapa alat musik. Umumnya, musik memiliki pengertian sebagai sebuah seni dalam melakukan penyusunan nada atau suara dengan urutan, kombinasi, serta hubungan temporal yang pada nantinya akan membentuk suatu komposisi yang memiliki kesatuan dan keharmonisan.

Kendati demikian, karakteristik dari musik sendiri adalah tidak dapat mengabaikan unsur-unsur musik yang penting. Dimana, unsur musik terbagi menjadi tiga, yaitu ritmis, melodis, dan ekspresi.

Ketiga unsur musik ini saling mendukung dan berkaitan erat satu sama lain dalam sebuah lagu. Pasalnya, sebuah lagu akan terasa janggal atau hambar apabila hanya mengandung unsur ritmis saja. Jika hanya terdengar sebuah melodi saja maka terdengar seperti melodi tanpa iringan. Kedua unsur akan lebih sempurna apabila didukung dengan ekspresi.

Unsur ritmis merupakan unsur yang berfungsi sebagai pengatur irama. Alat musik ritmis sendiri adalah alat musik yang berfungsi sebagai pengiring ketika lagu dimainkan, sehingga menciptakan irama atau ritme yang yang tidak bernada. Biasanya alat musik terdiri dari alat musik yang tidak bernada seperti drum, perkusi, dan kendang.

Unsur ini berfungsi mengatur tempo musik, sehingga musik terdengar lebih stabil dan teratur. Adanya tempo ketika musik dimainkan akan membuat musik terasa lebih enak untuk dinikmati. Alat musik ritmis terbagi atas alat musik modern dan tradisional. Alat musik ritmis modern seperti drum, triangle, dan simbal tangan. Sedangkan alat musik ritmis tradisional seperti rebana, kastanyet, dan gendang.

Unsur melodis adalah unsur yang mengutamakan nada. Melodi adalah susunan nada yang diatur tinggi rendahnya, pola dan harga nada sehingga menjadi kalimat lagu. Melodi merupakan elemen lagu yang terdiri dari pergantian berbagai suara yang menjadi satu kesatuan. Melodi juga menjadi satu kesatuan suara dengan penekanan yang berbeda. Hal ini menandakan bahwa unsur melodi berperan penting dalam suatu lagu atau musik.

Melodis merupakan inti dari sebuah lagu. Dengan mendengar nada dari melodis suatu lagu dapat ditentukan irama atau temponya. Beberapa alat musik yang mendukung unsur melodis yaitu gitar, piano, dan biola.

Ekspresi adalah ungkapan perasaan atau penjiwaan melalui lagu atau musik. Ekspresi dapat ditampilkan melalui suara, gerakan, bahkan kostum. Unsur ekspresif adalah unsur penyempurna yang menentukan keindahan sebuah lagu atau musik.

Pembawaan lagu atau musik yang disempurnakan oleh ekspresi terdengar lebih menarik, indah, dan menyentuh perasaan. Jadi, bisa dibilang unsur ekspresif merupakan cerminan dari lagu itu sendiri. Jika lagunya berpesan tentang kegembiraan maka lagu tersebut harus dibawakan dengan ekspresi gembira. Sedangkan lagu bersemangat harus dibawakan dengan ekspresi yang semangat atau bergembira.

3 Unsur Penting Dalam Musik, Apa Saja? - .


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

3 Unsur Penting Dalam Musik, Apa Saja?

02 min