16 Kartun Jepang yang selalu dirindukan

16 Kartun Jepang yang selalu dirindukan

Sudah dari dulu… banget, zaman gue TK atau SD yang namaya hari minggu adalah FULL-CARTOON TIME. Dulu dari pagi sampai siang gue bisa nonton seharian, gue kuasain tuh remote TV, gak boleh ada yang mengganggu gue menonton. That is Only Me and TV.

Kalau ada yang mengganggu gue akan teriak, menangis, mengamuk, tak jarang gue gigit tangan si pengganggu. Ntah kenapa makin bertambah umur semakin kehilangan sense ma kartun. Dulu aja.. setelah pulang sekolah ngaji sore hari, langsung lari ngacir pulang ke rumah buat ngejar Dunia anak yang dipandu oleh Ria Enez ma Suzan hahaha.. Gak jarang sampai bolos ngaji hanya jangan sampai ketinggalan 5 menit acara. Masa anak-anak yang sungguh membahagiakan..

Dan dibawah adalah 16 kartun jepang atau anime yang mampu bikin kita kangen lagi..

1. BT X

Bt’X adalah anime buatan Masami Kurumada, mungkin kamu sudah familiar dengan karya lainnya yang sangat terkenal, Saint Seiya. Pada awalnya manga B’t X (dibaca “beat X”) diserialisasikan pada tahun 1994 sampai tahun 2000. Baru kemudian dijadikan adaptasi animenya pada tahun 1996. Kemudian musim keduanya, B’t X Neo disiarkan pada tahun 1997.

B’t X bercerita mengenai Teppei Takamiya, seorang pengurus peternakan di pulau Kamui, kakaknya Kotaro Takamiya pergi ke Jerman dan menjadi salah satu penemu paling brilian. Mereka kemudian bertemu kembali setelah 5 tahun terpisah, namun sayangnya, Kotaro diculik oleh Machine Empire. Teppei mengejar mereka dengan bantuan Messiah Fist yang melekat di tangannya, namun malang dia harus berhadapan dengan Metalface.

Baker Street 221B: B´t X: el anime de finales de los noventas
16 Kartun Jepang yang selalu dirindukan

 

2. Saint Seiya

Saint Seiya: Knights of the Zodiac History,
16 Kartun Jepang yang selalu dirindukan

Biasanya Kalau habis nonton nih kartun langsung gue cari lawan tanding (tetangga) buat bertarung sok sengit. Gue raup pasir, kemudian dilemparin ke muka teman sambil teriak ‘DEBU-DEBU INTAN’ si teman hanya bisa nutupin muka sambil sesekali mengusap mata karena kelilipan. Kemudian dia membalas sambil melempar batu bertubi-tubi dan tberteriak ‘RANTAI ANDROMEDAA…’ hahaha.. kalau diingat-ingat, serem juga ya kemarin cara mainnya.

Saint Seiya Knights of the Zodiac menceritakan adanya sekelompok orang yang suci yang ditugaskan melindungi seorang Dewi dari Athena. Pada awalnya kehidupan di Sanctuary terasa aman dan damai, sampai salah satu dari mereka melakukan pengkhianatan.

Saint ingin membunuh bayi yang baru lahir yang akhir-akhir ini diketahui merupakan reinkarnasi seorang Dewi. Bayi itu bernama Saori, ia kemudian dititipkan Athena oleh Saint Aiolos. Seiring berjalannya waktu, Saori tumbuh dewasa dan juga bertekad untuk melindungi Sanctuary bersama dengan para Saint.

Dalam melakuka misi penyelamatan ini, para Saint ini diberikan sebuah baju pelindung atau armor yang disebut dengan Cloth. Setiap Cloth yang terpasang pada baju tiap pendekar akan emberikan kekuatan dan kelebihan sendiri.

3. Yu Yu Hakusho

Gak sedikit pula Komik, anime juga yang dingkat jadi Games. Salah satunya Yu Yu Hakusho yang jadi game battle favoritku..

Manga ini berkisah tentang seorang anak laki-laki nakal bernama Yusuke Urameshi yang mengalami kecelakaan di usia yang ke-14. Meskipun sudah dianggap meninggal, namun ia mendapat kompensasi dari perwakilan alam baka untuk bisa hidup lagi.

Syaratnya adalah dengan menunaikan perintah sang penguasa akhirat yang bisa diselesaikannya. Tak sampai di situ. Setelah misi-misinya berhasil, ia pun melangkah ke jenjang yang lebih sulit, yaitu menghadapi berbagai siluman dengan kekuatan super dan kemampuan beladiri yang dipelajarinya dari seorang guru bernama Genkai.

Sekian Lama Tertunda, Akhirnya Game Mobile Yu Yu Hakusho Siap Dirilis Sebentar Lagi!
16 Kartun Jepang yang selalu dirindukan

 

4. PATLABOR

Apalagi Action Figurnya. Wuih.. Mantapp!!!
Bercerita tentang negara Jepang pada tahun 1998 hingga 2002 di saat robot-robot yang disebut “Labors” dipekerjakan untuk pekerjaan berat. Kepolisian Tokyo pun juga memiliki persenjataan menggunakan robot yang disebut Patlabor (Patrol Labors) untuk mengatasi kasus kejahatan yang melibatkan Labor. Anime ini lebih menceritakan tentang kehidupan sehari-hari para anggota polisi Divisi 2 Patlabor, dengan fokus utama pada karakter pilot muda bernama Noa Izumi di Divisi 2.

51917_patlabor

16 Kartun Jepang yang selalu dirindukan
16 Kartun Jepang yang selalu dirindukan

5. Sailor Moon

16 Kartun Jepang yang selalu dirindukan
16 Kartun Jepang yang selalu dirindukan

Idolanya cewek-ceweknya nih. Kartun yang menyajikan banyak jagoan tapi ‘Mata’ ma ‘bentuk body’nya sama semua, yang ngebedain cuman warnanya aja  “Dengan kekuatan Bulan aku akan menghukumu Ciaattt…”

Sailor Moon (美少女戦士セーラームーン Bishōjo Senshi Sērā Mūn, dikenal juga dengan nama Pretty Guardian Sailor Moon) adalah judul sebuah franchise terkenal yang diciptakan oleh seniman manga Jepang Naoko Takeuchi. Bercerita tentang kepahlawanan 5 gadis dengan kekuatan super dari elemen-elemen alam dan Tata Surya melawan berbagai musuh dari kegelapan. Mereka memiliki misi mencari sang putri bulan dan Kristal Perak.

 

6. Magic Knight Rayerth

Anime Guerreiras Mágicas de Rayearth estreia dublado no YouTube - ASIANBREAK

Ya kalau ngomongin cerita yang mengangkat cewek-cewek sebagai jagoan gue lebih suka anime karya Clamp ‘Magic Knight rayeth’ yang terdiri dari Hikaru dengan kekuatan Api, Fuji kekuatan angin dan Umi kekuatan Air (waw.. gue masih ingat ternyata hahaha)

Dalam perkembangannya, kisah MKR ini banyak mengalami unexpected twists and turns yang menyenangkan tapi masih masuk akal dan sincere, tidak ada kesan dibuat-buat atau dipaksa. Dikemas dalam 49 episode serial animasi, masing-masing berdurasi 25 menitpacing alur Magic Knight Rayearth ini enak untuk diikuti. Nggak terlalu ngebut kayak diuber-uber debt collector, tetapi juga nggak kebanyakan filler yang niatnya hanya demi manjang-manjangin cerita kayak Kapten Tsubasa yang satu tendangan bisa makan waktu satu episode penuh karena dikasih flashback dulu. Sementara itu versi komiknya justru lebih terasa ngebut secara alur dan gaya penceritaan, karena total hanya ada 6 volume buku.
Gambar/artwork versi animasi MKR pun cukup bagus, apalagi jika dibandingkan dengan kualitas gambar CLAMP di komiknya yang mewah menggelegar, rasanya tidak terlalu kedodoran dalam usahanya mengimbangi. Bagi saya pribadi, rating serial Magic Knight Rayearth ini 9/10 untuk versi animasi dan 8.5/10 untuk versi komik. Tinggi banget? Emang. Karena harus diakui, untuk sebuah kisah shoujo manga, MKR sebagus itu. Baik cerita, desain karakter, desain kostum dan senjata-senjata yang dimunculkan.. semuanya cakep! Bonus Lantis, pula.

7. Cardcaptor Sakura

Cardcaptor Sakura Mengeluarkan Remastered Edition Versi Blu-Ray 4k - Mariviu

Clamp memang favoritku, baik cerita maupun gambar benar-benar Rich.. Contoh 1 lagi animenya yang sukses Cardcaptor Sakura

Bagi yang tidak familiar dengan Cardcaptor Sakura, serial ini menceritakan tentang Sakura, seorang anak Sekolah Dasar yang mengetahui bahwa dia memiliki kekuatan sihir setelah secara tidak sengaja mengeluarkan kartu sihir dari sebuah buku misterius. Manga aslinya dirilis oleh CLAMP sebanyak 12 volume yang diterbitkan dari bulan November 1996 sampai dengan Juli 2000.

Untuk memperingati 20 tahun manganya, serial baru Cardcaptor Sakura akan ditayangkan di Jepang pada Januari tahun depan dan berjudul Cardcaptor Sakura: Clear Card Arc.

8. Candy Candy

13 Anime keren era 90an ini bikin meneteskan air mata, benar ngga

Hebohnya wanita kecil berkepang dua Candy-candy yang bikin nama gue sering dipanggil Sandy-sandy..

Candy Candy (キャンディ・キャンディ Kyandi Kyandi) adalah manga, novel dan anime yang berasal dari Jepang. Tokoh utama cerita ini adalah Candice “Candy” White Ardlay, seorang gadis Amerika berambut pirang dan ikal dengan wajah berbintik-bintik noda matahari dan mata belok (besar) dengan bola mata berwarna hijau.

Candy Candy muncul pertama kali sebagai prosa novel karangan penulis Jepang Kyoko Mizuki pada bulan April 1975. Mizuki kemudian bekerja sama dengan ilustrator manga Yumiko Igarashi untuk membuat versi manga cerita Candy Candy. Cerita manga ini menarik perhatian majalah Jepang Nakayoshi, yang kemudian memuat serial manga Candy Candy sebagai cerita bersambung selama empat tahun (April 1975 – Maret 1979). Serial manga ini berhasil memenangkan penghargaan pertama Penghargaan Manga Kodansha untuk kategori shōjo pada tahun 1977. Cerita Candy candy kemudian diadaptasi menjadi serial anime oleh Toei Animation.

 

9. Samurai X

Kabar Gembira Buat Otaku Nih! Samurai X akan Segera Dibuat Spin-off-nya! -  TribunStyle.com

Jangan ditanya dengan betapa spektakulernya tokoh Samurai X Kenshin yang punya 2 kepribadian (kadang bengis, kadang bodoh). Selalu menjadi topik perbincangan ketika daku SMP. ‘Eh kemarin si batosai bertarung ma Ryo.. serem banget.. nonton gak’ hihihi..
Apalagi didukung sama OST-OSTnya yang keren banget..

Samurai X yang juga dikenal sebagai Rurouni Kenshin adalah manga yang mengisahkan seorang pendekar pedang bernama Himura Kenshin pada zaman Meiji. Versi anime dari manga karangan Nabuhiro Watsuki ini menjadi 100 besar seri yang paling banyak ditonton di Jepang. Manga ini sangat saya rekomendasikan bagi para pembaca komik karena kisah Samurai X sangatlah original karena bertema penebusan dosa seorang pembantai pada zaman Meiji. Tema yang belum pernah ditemui sebelumnya pada manga-manga Jepang.

Kenshin adalah seorang pembantai yang berada di kubu yang menginginkan tercapainya zaman baru yaitu zaman Meiji. Zaman dimana baginya terdapat harapan kedamaian bagi masyarakat Jepang dari berbagai kalangan. Untuk meraihnya, Kenshin menjadi seorang pembantai kubu yang berseberangan. Setelah zaman Meiji tercapai, Kenshin memutuskan menjadi seorang pengembara untuk membantu siapapun yang membutuhkan pertolongann. Merasakan kemuakan dan kepedihan dari membunuh dan peperangan, Kenshin berprinsip tidak akan membunuh orang lain lagi. Dalam perjalananya di Tokyo, Kenshin bertemu dengan Kamiya Kaoru seorang gadis pendekar aliran Kamiyakashin. Kenshin membantu Kaoru mengalahkan orang-orang jahat yang berniat mengambil alih dojo kamiyakashin. Dalam perkembangannya, Kaoru meminta Kenshin untuk tinggal di dojo. Kenshinpun mengalami beberapa kejadian yang membuat dia bertemu banyak teman seperti Sagara Sanosuka, Myojin Yahiko, Takani Megumi. Kenshin juga bertemu dengan beberapa musuh yaitu Shinomori Aoshi, dan Hajime Saito.

10. Kungfu Boy

Komik KUNG FU BOY jilid 1-37 oleh Takeshi Maekawa – A Modern Indonesia  Fairy Tale

Ingat si Kenshin (di atas), jadi ingat si Chinmi di Kunfu Boy. Walahh.. saya suka sekali ngikutin komiknya..

Kungfu boy adalah komik yang dirilis oleh Takeshi Maekawa pada tahun 1999.
Komik Kungfu Boy menceritakan tentang seorang anak yang jago kungfu bernama Chinmi. Alur cerita dalam komik ini sebenarnya monoton, Chinmi pergi mengembara — Chinmi bertarung — Chinmi hampir kalah — Chinmi menang. yah… Begitu-begitu saja, namun, sang pengarang mampu membuat alur yang monoton itu menjadi cerita yang menarik, apalagi untuk pecinta komik beladiri.
Chinmi dalam ceritanya merupakan anak laki-laki yang ceria dan mempunyai teman seekor monyet bernama Goku, meskipun bertubuh yang cenderung kecil, Chinmi sangat kuat dan sikapnya sangat santun.
Setelah belajar kungfu dikuil Dairin, Chinmi dikenal sebagai master jurus kungfu peremuk tulang.
jurus pamungkas yang mampu mementalkan lawannya hanya dengan lontaran tenaga dalam. Pokoknya keren banget!

11. Ranma 1/2

Rekomendasi Episode Ranma 1/2

Kisah Ranma adalah cerita tentang mata air kutukan. Saat sedang asyik berlatih kungfu bersama ayahnya, Saotume Genma, keduanya tercebur mata air Jusenkyo dan fisiknya langsung berubah. Ranma menjadi perempuan dan ayahnya berubah jadi panda yang gendut. Hemmm bagaimana mereka menetralkan kutukan tersebut ya?!

Wujud mereka berganti-ganti, kadang mereka bisa kembali ke wujud semula jika terguyur air panas, tapi setetes air dingin akan mengubah Ranma dan ayahnya jadi perempuan dan panda lucu.  Tapi keduanya tak putus asa dan berupaya mencari mata air ajaib.

Ranma kemudian tinggal di balai latihan tendo dan ditunangkan dengan Akane, putri bungsu pemilik balai latihan tersebut. Keduanya saling suka sekaligus saling benci. Ranma memiliki dua penggemar, Shampu dan Kuanji Ukyo, demikian juga Akane yang selalu
didekati Hibiki Ryoga. Moose juga menyukai Shampu. Alhasil terjalinlah kisah cinta dan kompetisi yang berbelit. Apalagi mereka rata-rata juga jago kungfu.

12. Ikkyu San

Ikkyu San | Sesuka-sukanya ...

Seorang Biksu Cilik yang cerdas dan kisahnya sangat mengharukan, dan kalau mikir akan terdengar suara ketokan tok.. tok.. tok.. tok.. TRENGG!!! Aha….

Ikkyu yang bernama asli Senggiku Maru, berasal dari keluarga pengusaha di zaman pemerintahan Samurai dan dikenal sebagai calon biksu yang cerdik serta selalu membantu penduduk yang bermasalah di sekitar kuil. Semua masalah dapat dipecahkannya dengan mudah setelah dia duduk dalam posisi lotus, membasahi kedua jari telunjuknya, dan melingkarinya di atas kepalanya yang enggak berambut.

 

Ikkyu yang dititipkan kepada Biksu Osho di kuil Ankoku di daerah Fukuyama oleh ibunya, Iyono Tsubones dengan tujuan agar terhindar dari bahaya ini, selalu mengecoh pengajarnya dengan kecerdikannya itu. Dan, berita kecerdikannya pun sampai ke telinga Sogun. Ikkyu akhirnya diundang dan diminta oleh Sogun untuk menangkap seekor harimau yanga telah mengacak-acak kediamannya.

Kisah petualangan yang diambil dari kehidupan sang Biksu ini pun di anime #sebutan film animasi or kartun Jepang#-kan sebanyak 296 episode sejak 1975-1982.

13. Dash Yonkuro

Dan indonesia sempat heboh dengan ‘tamiya-tamiya’nya Dash Yonkuro, Tamiyanya pun juga jadi barang yang wajib punya..

Film Tamiya DASH YONKURO (mengenang masa kecil) | KASKUS

Dash! Yonkuro (Dasshu! Yonkurōemoticon-Wink diangkat dari manga yang diciptakan oleh Zaurus Tokuda (1953 2006). Sebelum diangkat menjadi film animasi, serial manga Dash! Yonkuro telah dipublikasikan di majalah bulanan bernama CoroCoro Comic selama lima tahun dari Desember 1987 sampai dengan Maret 1992. Selain itu, Komik Dash! Yonkuro juga telah dipublikasikan di Jepang oleh Shogakukan di pertengahan tahun 80-an yang disponsori oleh Tamiya Corporation.

Untuk seri anime dibuat atas kerjasama Auvek, Shogakukan Productions Co., Ltd., Staff 21, Tamiya Plastic Model Corporation, Tokyu Agency, Abukekku and Zaurus Tokuda. Serial anim Dash! Yonkuro mulai ditayangkan di TV Tokyo pada tanggal 3 Oktober, 1989 sampai dengan 27 Maret 1990 yang terbagi dalam 25 episode.

Dash! Yonkuro juga di juga ditayangkan diluar Jepang seperti di Italy dengan nama Automodelli – Mini 4WD. Anim Dash! Yonkuro ditayangkan di Italy pada awal 90-an dengan sukses besar dan berhasil menjadi icon dari Mini4wD di Jepang bahkan diseluruh dunia.

14. Slam Dunk

Kalau kartun Olahraga yang masih jadi nomor 1 dan tetap legendaris Slam Dunk

SLAM DUNK- di Luigi Riggio

 Slam Dunk patut disebut sebagai anime olahraga, atau bahkan anime shonen terbaik sepanjang masa.
– Semuanya ada di Slam Dunk, mulai dari kisah jagoan dan rivalnya, humor, hingga kisah cinta segitiga.

kisah mahakarya Takehiko Inoue ini patut diakui sebagai salah satu anime olahraga terbaik sepanjang masa. Sebab, ada beberapa alasan kuat yang membuat Slam Dunk jauh lebih unggul ketimbang anime se-genrenya.

15. Doraemon

Suka Nonton Kartun Doraemon? Begini Kisah dan Sejarahnya Hingga Disukai  Anak-anak di Dunia - News Media

Tapi.. masih aja ada kartun yang gak ada matinya sampai sekarang Salut banget dah.. dan si tokoh Nobita dari gue sama-sama SD, sampai lulus kuliah dan sekarang gue dah kerja. Tapi dia (nobita) tetap kelas 4 SD mulu…

*beruntung gue pernah nangis gara-gara membaca salah satu komik petualangannya.

Film kartun yang diputar di televisi swasta sejak tahun 1990an ini hingga kini disukai dan menjadi tontonan wajib anak-anak hingga orang dewasa.

Doraemon adalah judul sebuah manga dan anime yang sangat populer yang dikarang Fujiko F. Fujio sejak 1 Juni 1969 dan berkisah tentang kehidupan seorang anak pemalas kelas 5 SD yng bernama Nobita.

Pada suatu waktu Nobita didatangi oleh sebuah robot kucing bernama Doraemon yang datang dari abad ke-22. Doraemon dikirim untuk menolong Nobita agar keturunan Nobita dapat menikmati kesuksesannya daripada harus menderita yang akan terjadi pada masa depan yang disebabkan karena kebodohan Nobita.

16. Dragon Ball

Kumpulan Berita DRAGON BALL GT: Sempat Mati Suri, Bagaimana Dragon Ball  Super Menyelamatkan Franchise Terkenalnya?

Dragon Ball (ドラゴンボール Doragon Bōru) adalah sebuah manga dan anime karya Akira Toriyama dari tahun 1984 sampai 1995. Albumnya terdiri dari 42 buku dan di Indonesia diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Sebelumnya Dragon Ball juga pernah diterbitkan oleh Rajawali Grafiti.
Dragon Ball bercerita tentang seorang bocah bernama Goku yang hidup di tengah gunung sendirian. Dia lalu bertemu dengan Bulma, seorang gadis muda genius, yang berusaha mengumpulkan 7 bola ajaib yang katanya bisa mengabulkan semua keinginan. Bola-bola tersebut dinamakan Dragon Ball.

Keterangan: Dragon Ball adalah 7 buah bola kristal yang tersebar di seluruh dunia, bola tersebut berwarna jingga yang terdapat pola bintang di dalamnya, apabila seseorang berhasil mengumpulkan 7 buah Dragon Ball maka akan muncul sebuah dewa naga yang mampu mengabulkan sebuah permintaan apa saja, bahkan termasuk menghidupkan orang mati.

Dalam perjalanannya bersama Bulma mencari Dragon Ball, Goku harus berhadapan dengan banyak rintangan, salah satunya adalah dari Tentara Pita Merah. Kelompok ini mempunyai keinginan yang sama dengan Goku dan Bulma.

 

Wah asyik-asyik ya Kartun Dulu.. sekarang sih emang sudah berkurang selera nonton kartunnya. Paling yang masih selera ditonton adalah Crayon Sinchan..

Jadwal TV Trans TV Minggu 20 Juni 2021, Saksikan Film Spesial Crayon  Shinchan - Karawang Post
Crayon Shin-chan (bahasa Jepang: クレヨンしんちゃん Hepburn: Kureyon Shin-chan), juga dikenal sebagai Shin Chan, adalah sebuah seri manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Yoshito Usui. Alur ceritanya mengikuti petualangan seorang anak berusia lima tahun bernama Shinnosuke “Shin” Nohara beserta orang tua, adik bayinya, anjing, tetangga, dan teman-temannya dan berlatar di Kasukabe, Prefektur Saitama.

Crayon Shin-chan pertama kali muncul pada tahun 1990 dalam sebuah majalah mingguan Jepang berjudul Weekly Manga Action, yang diterbitkan oleh Futabasha. Karena kematian pengarangnya, Yoshito Usui, manga aslinya berakhir pada tanggal 11 September 2009. Sebuah manga baru dimulai pada musim panas tahun 2010 oleh para anggota dari kelompok Usui,[5] bertajuk New Crayon Shin-chan (新クレヨンしんちゃん Shin Kureyon Shin-chan).

Adaptasi anime dari seri ini mulai tayang di TV Asahi pada tahun 1992 dan masih berlanjut di beberapa stasiun televisi di seluruh dunia. Anime-nya telah dialihbahasakan ke dalam 30 bahasa[6] dan telah ditayangkan di 45 negara,[7] terdiri atas lebih dari 970 episode dan 26 film berdurasi panjang. Crayon Shin-chan adalah waralaba animasi terlaris ke-24 dan lebih dari 100 juta kopi manga-nya telah terjual di seluruh dunia.[7]

Atau kalau gue pribadi sih, gue masih suka ngelirik Pokemon hahaha..

Hybrid.co.id | Sejarah Pokemon, Franchise yang Sudah Berumur 25 tahun

Oh ya, walaupun bukan kartun jadi ingat ama super heronya anak-anak juga, dan namanya sering jadi istilah kalau mo bilang sesuatu seperti:
‘Ya ampun.. gunting segede GABAN itu masih gak kelihatan juga..’ Emang Gaban gede banget?? Gak khan.. (lupa-lupa ingat)

Segede Gaban itu Apa? - ESQNews.id


Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

16 Kartun Jepang yang selalu dirindukan

010 min