15 Rekomendasi Perguruan Tinggi di Yogyakarta

15 Rekomendasi Perguruan Tinggi di Yogyakarta
a/', '1812662934'); return false;" target="_blank" rel="noreferrer noopener nofollow" class="nolightbox" >Share

Perguruan Tinggi di Yogyakarta – Siapa yang belum mendengar sebutan kota Jogja sebagai kota pelajar? Tentu Jogja (Yogyakarta) memiliki banyak kampus negeri maupun swasta yang bagus sebagai tempat kuliah. Selain banyak pilihan kampus, suasana di Yogyakarta tentu akan membuat kamu nyaman untuk kuliah di kota Jogja. Menentukan kampus terbaik di Jogja menjadi hal penting saat kamu memutuskan untuk kuliah di Jogja.

Kamu tidak akan mengalami kesulitan untuk mencari tempat kuliah di Jogja. Pasalnya, kamu akan menjumpai banyak sekali kampus berkualitas di kota ini. Berikut daftar kampus di Yogyakarta sebagai referensi untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi:

UGM merupakan salah satu kampus terbaik yang ada di Yogyakarta. Kampus UGM sudah terakreditasi BAN-PT dengan peringkat A. Kamu dapat menempuh pendidikan di UGM dengan pilihan 69 program studi dari 18 fakultas yang ada. Untuk masuk ke kampus ini, kamu perlu mengikuti beberapa jalur masuk yaitu CBT-UM, SNMPTN, SBMPTN dan jalur prestasi (PBU).

Baca Juga:

Selain UGM, UNY juga menjadi salah satu kampus yang menjadi favorit calon mahasiswa di Yogyakarta. Kampus ini memiliki 8 fakultas termasuk program pasca sarjana. Kampus ini juga menyediakan program beasiswa baik beasiswa pemerintah maupun swasta.

Jika kamu ingin kuliah di perguruan tinggi swasta di Yogyakarta, maka UMY dapat menjadi tempat kuliah yang kamu pilih. Kampus ini memiliki akreditasi A berdasarkan keputusan BAN-PT.

Jenjang pendidikan di UMY juga beragam. Kamu dapat mengambil program Diploma (D3), program Sarjana (S1), program magister (S2),  program doktor (S3) serta program pendidikan profesi.

Selain itu, di Universitas BSI Kampus Yogyakarta kamu juga dapat memilih program studi Perhotelan (D3) yang berada di Fakultas Ekonomi & Bisnis. Program studi ini sudah terakreditasi BAN-PT dengan peringkat A.

Proses pendaftaran dapat dilakukan dengan mudah karena sudah berbasis android dan website. Jika kamu memiliki prestasi baik akademik maupun non akademik saat duduk di bangku SMA/K maka kamu juga dapat masuk ke Universitas BSI melalui program beasiswa.

Kampus yang resmi bernama Universitas Mercu Buana Yogyakarta sejak tahun 2008 ini sudah memiliki peringkat A dari BAN-PT. Saat ini, kampus memiliki 6 fakultas dengan 11 program studi program sarjana dan pascasarjana. Fakultas pada kampus ini diantaranya Fakultas Agroindustri, Fakultas Ekonomi, Fakultas Psikologi, Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Fakultas Ilmu Komunikasi.

Kampus ini merupakan gabungan dari STIKES Respati dan STTI Respati Yogyakarta yang diresmikan sejak tahun 2008. UNRIYO memiliki 3 fakultas yaitu Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Sains dan Teknologi serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi dengan jenjang D3 dan S1.

ISI Yogyakarta merupakan salah satu kampus negeri yang sudah terakreditasi A. ISI diresmikan pada tahun 1984. Kampus ini memiliki tiga fakulitas yaitu Fakultas Seni Rupa, Fakultas Seni Pertunjukan dan Fakultas Seni Media Rekam dengan program pendidikan S1, S2, dan S3.

UAD menjadi salah satu perguruan tinggi swasta yang dapat dipertimbangkan untuk menempuh pendidikan. Kampus ini sudah terakreditasi BAN-PT dengan peringkat A. UAD memiliki 11 fakultas dengan program pendidikan D4 dan S1. Untuk masuk ke UAD, kamu dapat memilih salah satu dari beberapa tahap seleksi diantaranya PMDK, PSB, PBT, CBT, SBMPTMU, Beasiswa dan program lainnya.

Kampus ini sebelumnya bernama STMIK Amikom Yogyakarta. Kamu dapat menempuh pendidikan dalam dua fakultas yaitu Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Amikom Yogyakarta sudah terakreditasi oleh BAN-PT dengan peringkat B.

STIPRAM sudah berperingkat B berdasarkan akreditasi oleh BAN-PT. Kampus yang berdiri pada tahun 2001 ini awalnya bernama AKPRAM. Lalu di tahun 2008 diresmikan sebagai STIPRAM. Di kampus ini kamu dapat mengambil program studi Perhotelan D3, Pariwisata (S1) dan Pariwisata (S2).

Di Politeknik API Yogyakarta kamu dapat menempuh pendidikan dengan program studi Bina Wisata, Perhotelan dan Perpajakan. Kampus ini juga sudah terakreditasi B oleh BAN-PT. Kamu dapat mengunjungi kampus yang beralamat di Jalan Wisata Babarsari TB 15 Yogyakarta, Depok, Sleman untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

STIKES Madani sudah terakreditasi BAN-PT dengan peringkat akreditasi Baik. Kamu dapat mengambil program studi Farmasi (D3), Kebidanan (D3), Keperawatan (S1) dan Profesi NERS. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, kamu dapat mengunjungi kampus STIKES Madani yang beralamat di Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Bantul.

STEI Yogyakarta sudah terakreditasi Baik oleh BAN-PT. Kampus ini dapat menjadi salah satu tempat kuliah yang tepat jika kamu tertarik dibidang ekonomi islam. Kamu dapat mengambil program studi Perbankan Syariah (S1) dan Ekonomi Syariah (S1). Kedua program studi tersebut juga sudah terakreditasi oleh BAN-PT.

ITY menjadi salah satu perguruan tinggi swasta yang sudah terakreditasi Baik oleh BAN-PT. Kampus ini memilki 8 program studi yaitu Teknik Lingkungan (S1), Ilmu Lingkungan (S2), Teknik Energi (S1), Teknik Industri (S1), Teknik Kelautan (S1), Teknik Pertambangan (S1), Teknik Lingkungan (S2) dan Teknik Sistem Energi (S1).

Jika kamu akan kuliah di Jogja, kamu dapat memilih Universitas Atma Jaya. Kampus ini sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. Kamu dapat memilih untuk belajar di fakultas yang tersedia yaitu Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Fakultas Hukum, Fakultas Teknobiologi, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik serta Program Internasional.


Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

Menu

15 Rekomendasi Perguruan Tinggi di Yogyakarta

03 min