10 elemen ngeblog ala sandi

Semakin hari semakin banyak aja teman-teman yang nyemplung di dunia Blog. Ada yang bertahan seterusnya ada juga yang gak sampe sebulan dah hilang. Alasan menghilangnya mungkin karena sepinya jumlah pengunjung atau minim komen. Padahal kalau baru sebulan ya jangan terlalu ngarep kali bakal dapat pengunjung ratusan, belasan aja sudah alhamdulillah. Tapi memang sih, 2 hal ini yang paling ampuh memompa semangat kita dalam ngeblog: komentar yang datang dan Jumlah pengunjungnya. Gue aja kalau datang ke blogku ini hal pertama yang langsung kuliat adalah sitemeterku kemudian baru baca komentar yang masuk. Dan sebisanya ngeklik alamat blog teman-teman yang sudah pada ngisi komenku untuk bales komen mereka.
Oh iya, banyak juga yang menghilang dari dunia blog karena memang kesibukannya yang super-padat atau punya hobi baru macam facebook, mainin pacar baru, atau fotografi. Apalagi kalau sudah ketemu dengan alasan ‘malas’, ugh sungguh bakalan buntu, mati gaya deh eke.
Bukan! bukan membahas tentang alasan kenapa akhirnya seseorang jadi males ngeblog. Cuman mau sharing beberapa ‘bumbu-bumbu’ atau hal-hal yang kuterapkan dalam ngeblog. Mudah-mudahan bisa berguna bagi mereka yang baru saja merintis ‘kecentilannya’ dalam perblogan dan bisa terus semangat ngeblognya.
So, ini dia 10 hal elemen-elemen yang sering kuterapkan dalam menggarap blog.
1. Pilihlah theme atau layout blog yang berlatar putih karena alas putih pada tulisan bikin orang lebih nyaman dan bisa lebih fokus dalam membaca tulisan kita.
2. Menulis seperti kita ngomong. Karena hal ini mampu bikin pembaca kita lebih touch alias kena dengan kita. Katakanlah akan menjadi seperti pembicaraan antar 2 sahabat.
3. Menulis kontroversi. Nih yang paling gue doyan, mengangkat hal-hal yang sekarang sedang happening di masyarakat. Syarat pro dan kontra yang akhirnya mengundang banyak opini.
4. Jangan terlalu serius dalam menulis. Kembali, ini sih tergantung kepribadian si penulis ya. Tapi sense of humor asli manjur dalam bikin tulisan jadi segar. Obama aja sering menambah unsur candaan dalam hampir setiap ceramahnya biar susaana nya gak kaku dan bikin jadi santai.
5. Bergabung dengan facebook. Dan kita bisa melampirkan badget FB kita di sidebar karena ingat pembaca kita bukan hanya orang-orang yang punya blog toh, jadi keinginan mereka untuk merespon tulisan kita yang tersendat karena ada kolom url blog di komen blog kita dan mereka bingung. Mereka juga bisa mencurahkan responnya tentang tulisan kita lewat situs jejaring paling IN sekarang, facebook.
6. Lampirkan identitas diri kita di blog, selain menaruh badget facebook, kamu juga bisa membuat menu halaman profil kamu. Narsis, narsis deh tapi Tak kenal maka tak sayang dong, kalau pembaca kenal kamu pasti mereka akan lebih sayang ma kamu 🙂
7. Sesekali bikin coretan gambar yuk. Cuman sekedar variasi untuk menampilkan kreatifitas kamu, jadi bukan hanya tulisan dan tulisan aja sehingga hal ini akan mebuat blog kita lebih berwarna.
8. Menampilkan menu barter link blog. Wah Ajang promosi ini menu kesukaannya blogger nih, bisa saling bertukar alamat blog buat ditampilkan di blog masing-masing. Manjain pengunjung kita gak ada ruginya khan.
9. Up datenya jangan kelamaan bu, jangan sampai lebih dari 1 bulan deh, yah minimal kisaran seminggu kali ya biar pembaca kita tau kalau blog kita masih eksis.
10. Blogwalking dan nyebarin komen. Wah.. ini aktifitas yang sering gue lakuin pada awal-awal masa ngeblog. Tujuannya selain promosi juga untuk mempererat hubungan antar blogger. tapi tulisannya dibaca jangan langsung komen aja, karena selain bisa nambah wawasan kita, Percaya juga deh yang namanya hukum timbal balik tuh ada. kamu baca tulisannya, orang juga akan merasa ada keharusan untuk membaca dan ngomen tulisan kamu.
Okeh, segitu aja hal-hal yang bisa gue sharing dan selalu gue terapkan dalam perkancahan diari online alias blog ini. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

10 elemen ngeblog ala sandi

7002 min