√ 11 Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca + Sebabnya

√ 11 Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca + Sebabnya

Namanya HP, tentu saja punya fungsi jaringan seluler. Dengan adanya fungsi ini, HP jadi bisa digunakan untuk mengakses internet, mengirim SMS, menelepon, dan lain sebagainya.

Tapi, apa yang akan terjadi jika kartu SIM tidak terbaca? Tentu saja dampaknya akan cukup merepotkan, karena fungsi jaringan selulernya akan ikut terganggu juga.

Masalah kartu SIM tidak terdeteksi sangat mungkin terjadi. Karena saya selaku penulis pun sudah pernah mengalaminya beberapa kali.

Ada beberapa penyebab masalah kartu SIM yang tidak terbaca. Kebanyakan bisa terjadi tanpa kita ketahui, lho. Di antaranya:

1. Kartu SIM Panas

Biasanya pengaruh dari HP yang panas. Dalam jangka waktu tertentu, kondisi ini akan membuat kartu SIM rusak sehingga tidak bisa terdeteksi.

2. Slot Kartu SIM Rusak

Slot kartu SIM yang rusak (utamanya kuningannya) maka akan mengakibatkan kartu SIM menjadi tidak bisa terbaca lagi.

3. IMEI Hilang

IMEI adalah nomor unik yang berfungsi untuk memberikan identitas pada HP. IMEI ini kalau hilang akan membuat SIM seolah-olah tidak terbaca.

4. Jaringan Provider Gangguan

Terkadang, gangguan provider juga bisa mengakibatkan kartu SIM di HP Anda menjadi tidak terdeteksi, padahal sebelumnya normal-normal saja.

5. Masa Pakai Kartu SIM Sudah Terlalu Lama

Setiap barang pasti ada masa pakainya, termasuk SIM card. Nah, kartu SIM yang sudah terlalu lama dipakai pun tentu saja bisa rusak juga.

6. Masalah IC PA

IC PA adalah salah satu komponen yang berpengaruh ke penangkapan sinyal. Jika komponen ini rusak, salah satu efeknya akan membuat kartu SIM tidak terbaca.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah kartu SIM tidak terbaca ini. Berikut ini adalah beberapa solusi yang bisa saya sarankan di sini.

Bisa untuk HP Xiaomi, OPPO, Samsung, ASUS, Lenovo, Vivo dan HP-HP lainnya.

Kita akan mulai dengan menggunakan cara yang sederhana dulu, ya. Tepatnya dengan me-restart HP.

Terkadang, cara ini bisa berpengaruh untuk menormalkan kembali kartu SIM yang sebelumnya tidak terbaca.

Alasannya, dengan melalui restart ini, maka kita bisa menghilangkan bugbug yang ada pada HP kita.

Langkah selanjutnya silakan periksa kondisi kartu SIM di HP Anda, apakah rusak atau tidak? Sebab, hal ini akan sangat berpengaruh terhadap jaringan yang ada.

Kartu SIM yang rusak, biasanya akan ditandai dengan error seperti berikut:

Sedangkan, kartu SIM yang rusak ini bisa disebabkan karena banyak hal. Contohnya seperti yang telah dibahas tadi, karena sering terkena panas, atau masa pakainya yang sudah terlalu lama.

Solusinya gimana? Mudah saja sih. Coba ganti kartu SIM lama Anda ke kartu yang baru (ganti nomor). Kalau masih ingin menggunakan nomor lama juga bisa, cukup pergi ke gerai operator terdekat saja, lalu ceritakan kondisi Anda di sana.

Slot kartu SIM bisa saja bermasalah, lho. Penyebab umumnya seperti kuningan pada konektor rusak hingga karena faktor usia pemakaian.

Beberapa tipe HP kadang sering terdapat masalah ini. Efeknya kartu SIM jadi tidak terbaca. Untuk contohnya kadang ditemui di Xiaomi Redmi 3, ASUS Zenfone 2 dan lain-lain.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa coba solusi berikut:

Anda bisa coba lakukan hal yang sama pada kartu SIM. Coba bersihkan dengan menggunakan kapas sebelum dipasangkan ke konektor.

Sebagian pengguna HP Android, pasti masih ada yang belum paham soal apa itu IMEI.

Sederhananya, IMEI adalah nomor identitas yang di antara fungsinya ialah agar HP bisa menangkap sinyal.

Dengan demikian, jangan heran kalau seolah-olah kartu SIM tidak terbaca karena tidak ada sinyal sewaktu IMEI hilang.

Silakan cek IMEI Anda terlebih dahulu dengan cara berikut ini:

Kalau normal, di sana seharusnya akan tertera informasi nomor unik yang menandakan IMEI HP Anda. Tapi kalau tidak muncul nomor sama sekali, berarti inilah penyebabnya.

Solusi IMEI hilang sendiri pernah saya bahas beberapa waktu lalu di situs ini. Coba gunakan fitur search yang tersedia, kemudian ketik “IMEI invalid.” Di sana ada metode perbaikannya.

Buat sebagian orang, airplane mode mungkin jarang digunakan.

Tapi, siapa sangka kalau fitur ini ternyata bisa memperbaiki beberapa eror di HP Android, lho. Salah satunya adalah masalah kartu SIM yang tidak terbaca.

Selain itu, cara ini juga pernah saya lihat, dibagikan oleh salah seorang member di forum HP lama saya, dan itu work! Caranya begini:

Pengaturan jaringan HP, sebenarnya bisa kita ubah sesuka hati, lho.

Seperti yang sempat dibahas sebelumnya, provider gangguan adalah salah satu penyebab mengapa SIM card jadi tidak terdeteksi.

Nah, gangguan ini biasanya hanya terjadi pada satu jenis jaringan saja. Misalnya di 3G atau 4G.

Solusinya, kita hanya perlu mengubah jaringan HP saja:

Bug (eror) sistem seringkali berpengaruh ke banyak hal. Salah satu di antaranya ialah kesalahan deteksi pada kartu SIM yang membuatnya menjadi tidak bisa terbaca.

Asal-muasal eror ini bermacam-macam. Namun biasanya akibat dari pemakaian yang sudah terlalu lama. Iya, ini berpengaruh, lho.

Cara mengatasinya, Anda bisa coba update sistem:

Reset HP sangat direkomendasikan untuk dicoba, dengan alasan metode ini bisa membantu untuk memperbaiki eror-eror yang ada pada sistem, termasuk masalah pada kartu SIM.

Kita bisa me-reset HP dengan langkah-langkah berikut ini:

PS: Jangan lupa cadangkan data-data penting di HP Anda sebelum melakukan factory reset.

Memang sekilas tidak ada hubungannya sih.

Saya pernah punya pengalaman, ada HP yang kalau dimasukkan kartu SIM dia tidak bisa membacanya.

Saya sudah coba berbagai hal, bahkan sampai reset dan mengganti kartu SIM, namun hasilnya tetap belum berubah.

Kemudian, akhirnya saya coba mengganti baterai. Hasilnya? Sinyal yang hilang, serta kartu SIM yang tidak muncul di sistem bisa normal kembali.

Buat yang belum tahu, hal ini bisa terjadi karena tegangan pada baterai yang sudah bermasalah. Hal ini bisa berpengaruh lagi ke komponen lain seperti IC HP.

Perbaikan HP paling efektif yang bisa dilakukan sendiri adalah dengan melakukan flashing ulang HP.

Melalui flashing, kita bisa memperbaiki berbagai jenis eror di HP Android. Mulai dari yang ringan sampai yang relatif berat.

Masalah kartu SIM tidak terbaca sebagaimana yang sedang kita bahas di sini, sejatinya termasuk ke dalam kategori yang agak berat.

Namun, dengan flashing terkadang bisa membantu mengatasi masalah ini, supaya normal lagi.

Bagaimana cara flash-nya? Nah, coba searching lagi deh di Google tentang cara flash yang sesuai dengan tipe HP Anda. Cukup sesuaikan, maka di sana Anda akan melihat tutorial lengkapnya.

Masalah komponen seperti konektor rusak -seperti yang dibahas sebelumnya- terkadang mungkin bisa diatasi dengan hanya membersihkannya.

Namun, kalau metode tersebut belum berpengaruh, dan kartu SIM masih tetap tidak terbaca, berarti kemungkinan konektornya memang sudah rusak. Bisa jadi karena ada bagian yang putus.

Masalah komponen, selain konektor, IC PA pada HP juga bisa jadi penyebabnya. Walaupun tidak 100%, namun komponen ini memang identik dengan kerusakan HP yang berhubungan dengan sinyal.

Untuk mengetahui serta memperbaiki masalah ini, akan lebih baik langsung saja dibawa HP-nya ke Service Center resmi. Teknisi HP akan mengganti komponen HP Anda yang mengalami kerusakan.

Nah, sedangkan untuk biaya perbaikannya sendiri tidak terlalu mahal, kok. Estimasinya bisa cek di tabel berikut ini:

Begitulah bahasan tentang cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca. Banyak orang yang sedang mengalami masalah ini, namun masih belum tahu bagaimana cara memperbaikinya.

Semoga dengan tips-tips di atas, HP Anda yang kartu SIM-nya tidak terdeteksi bisa normal kembali.

Kalau Anda punya sesuatu terkait hal ini yang ingin ditanyakan, silakan kirimkan komentar melalui kolom yang tersedia di bawah.

Semoga bermanfaat.


Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Added a product

√ 11 Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca + Sebabnya

05 min